4 Manfaat Senyum Berdasarkan Penelitian Ilmiah

INSPIRADATA. Sodaqoh yang paling mudah dan murah adalah senyum.  Selain membuat wajah tampak lebih manis, itu berarti senyum juga dapat mendatangkan pahala. Dan ternyata, senyum memiliki banyak manfaat lain yang terlah dibuktikan secara ilmiah melalui berbagai penelitian.

Berikut  manfaat senyum berdasarkan penelitian ilmiah yang dilansir dari tempo.com:

  1. Senyuman dapat memprediksi panjangnya usia. Berdasarkan penelitian pada tahun 2010 terhadap foto 150 pemain Major League Baseball, orang-orang yang senyumnya  paling berseri di dalam foto tersebut ternyata berumur lebih panjang daripada orang yang tersenyum simpul dan yang tidak tersenyum sama sekali.  Namun, penelitian ini tentu saja tidak mengindikasikan bahwa senyum dapat memperpanjang usia seseorang.
  2. Mengetahui karakter pasangan. “Smilers cenderung lebih bahagia, lebih sosial, dan emosinya lebih stabil, semua ciri mengarah pada hubungan yang sukses,” menurut Psychology Today. Senada dengan peneliti DePauw University yang menganalisis senyuman ratusan lulusannya dalam beberapa tahun melalui foto buku tahunan mereka menemukan bahwa 10 persen orang yang tersenyum memiliki tingkat perceraian sekitar 1:20. Sedangkan yang lainnya, memeiliki kecenderungan 5x lebih besar terhadap perceraian
  3. Terlihat lebih muda. Penelitian baru negara Belanda pada 481 peserta, yang membuat berbagai bentuk wajah untuk mengekspresikan emosi yang berbeda, menemukan bahwa bahwa berdasarkan hasil komputerisasi dan perkiraan dari orang lain, peserta yang tersenyum tampak lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.
  4. Kaum Hawa menjadi semakin menarik karena senyumnya. Penelitian lainnya menunjukan hal itu, bahwa laki-laki lebih tertarik kepada wanita yang berekspresi senyum. Namun, sebaliknya, wanita justru lebih tertarik pada laki-laki yang berekspresi datar atau kaku.

Jika anda tertarik untuk membuktikan kebenaran hasil penelitian tersebut. Tidak ada salahnya  anda mencoba untuk bersikap lebih manis dengan tersenyum.[]

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.