5 Fakta Unik Indonesia VS Thailand dalam Sejarah Piala AFF

Advertisements
AFF-fakta AFF foto bolacom 300x225  - 5 Fakta Unik Indonesia VS Thailand dalam Sejarah  Piala AFF - fakta-AFF_foto-bolacom-300x225
foto: bola.com

INSPIRADATA. Rabu (14/12/2016), Timnas Indonesia unjuk gigi di final fiala AFF 2016. Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di leg pertama final Piala AFF tersebut. Duel ini terbilang duel klasik di Asia, karena Indonesia seringkali berhadapan dengan tim Gajah putih yang langganan juara AFF tersebut.

Dilansir dari forfourtwo, berikut ini beberapa fakta unik dan menarik seputar Indonesia VS Thailand sepanjang sejarah Piala AFF:

Alfred Riedl: Penakluk Thailand Di Piala AFF. Alfred Riedl, dalam perjalanannya menukangi tim di AFF Suzuki Cup, tak pernah kalah dari tim Gajah Perang. Tahun 1998, ketika masih bernama Piala Tiger, Riedl yang kala itu melatih timnas Vietnam mengalahkan Thailand 3-0, di Hanoi. Tahun 2010 ketika Indonesia menjadi tuan rumah, Garuda yang tampil sensasional berhasil mengandaskan Thailand 2-1 lewat sepasang gol Bambang Pamungkas. Timnas Thailand memang selalu jadi unggulan dan ditakuti tim mana pun. Tapi fakta tentang Alfred Riedl yang kini pelatih Indonesia diatas tentunya sedikit melegakan bagi Timnas Indonesia di AFF tahun ini.

Thailand Unggul Rekor Pertemuan Atas Indonesia. Timnas Indonesia yang pernah disebut sebagai Macan Asia memang kalah soal rekor pertemuan dari Thailand. Dari 73 bentrok kedua tim sejak 1957, Thailand unggul 35 pertemuan, Indonesia menang 24 kali dan 14 laga berakhir sama kuat. Namun, catatan itu bukan penentu segalanya. Indonesia masih punya peluang besar untuk menjadi juara AFF 2016 ko.

Advertisements

Beda Nasib Thailand dan Indonesia Di Final. Tujuh edisi AFF Suzuki Cup dituntaskan Thailand dengan partai final. Mereka pun mencatatkan diri menjadi negara tersukses bersama Singapura yang mampu meraih empat gelar pada ajang ini. Untuk timnas Indonesia, mereka sudah tampil empat kali di partai final AFF Suzuki Cup. Sayangnya, tak satu pun mampu dituntaskan Garuda dengan gelar  juara. Semoga saja di final kali ini Timnas Indonesia bisa mencatatkan sejarah pertamanya sebagai juara AFF, ya.

Deretan Pencetak Gol Duel Thailand dan Indonesia. Aji Santoso dan Bambang Pamungkas jadi pemain Indonesia yang paling banyak mencetak gol ke gawang Thailand pada turnamen AFF Suzuki Cup dengan dua gol. Gol Bambang keduanya lahir dari titik putih. Pemain timnas Indonesia yang pernah menorehkan prestasi tersebut antara lain Miro Baldo Bento, Kurniawan Dwi Yulianto, Yusuf Ekodono, Yaris Riadi, Gendut Doni, Nova Arianto.

Kiatisuk Senamuang & Teeratep Winothai. Kiatisuk Senamuang yang kini menjadi pelatih kepala timnas Thailand pernah membobol jala timnas Indonesia pada AFF Suzuki Cup 2000 saat Gajah Perang menang 4-1. Sementara Teeratep Winothai jadi satu-satunya pencetak gol ke gawang timnas Indonesia yang masih jadi bagian skuat Thailand pada AFF edisi kali ini. Gol Teeratep dicetak pada edisi tahun 2008. Wah, berarti Teeratep sudah makan asam garam di AFF, ya. Timnas Indonesia patut waspada nih.[]

(Visited 1 times, 1 visits today)
Advertisements