Di Amerika, Pil KB Bebas Digunakan Semua Usia

Advertisements
- Di Amerika, Pil KB Bebas Digunakan Semua Usia - plan-b-pil--300x225
Foto: NPR

INSPIRADATA. Untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyetujui pil kontrasepsi dijual bebas untuk perempuan berusia 15 tahun ke atas.

Advertisements

Pil bernama Plan B ini adalah jenis obat yang bisa diminum sesudah hubungan seks terjadi. Di AS sendiri pil seperti ini lazim disebut “morning-after pill“.

Menurut BBC, Kontrasepsi semacam ini cukup populer di AS karena tidak memerlukan pemasangan alat tertentu atau injeksi hormon.

Sejak bulan Mei lalu, semua perempuan AS yang ingin membeli obat ini, hanya hanya perlu menunjukkan bukti bahwa mereka telah mencapai batas usia minumum yang disyaratkan. Namun, sekarang pil ini dijual bebas bagi semua usia, yang dimungkinkan bisa terjadi kehamilan.

Keputusan ini diambil satu bulan setelah seorang hakim memerintahkan agar obat tersebut bisa dibeli oleh perempuan dari segala usia, selama mereka “sudah bisa hamil”.

FDA mengatakan keputusan itu bukanlah respon terhadap keputusan pengadilan.

Sebelumnya, pengadilan AS mengritik pemerintah karena menetapkan usia minimal 17 tahun untuk membeli pil kontrasepsi ini. []

Advertisements