8 Negara yang Penduduknya Panjang Umur

Advertisements

buisnessman do yoga exercise outdoor  - 8 Negara yang Penduduknya Panjang Umur - panjang-umur-300x225

INSPIRADATA. 12 November lalu merupakan Hari Kesehatan Nasional. Namun, harapan hidup di Negara kita sepertinya belum sebaik beberapa negara lain di dunia. World Health Organization (WHO) baru-baru ini merilis statistik harapan hidup bagi laki-laki dan perempuan di seluruh dunia. Secara alami, gaya hidup sehat dan akses kesehatan yang baik sangat berkontribusi pada umur panjang para penduduk di negara-negara ini.

Dilansir dari Bintang, berikut ini negara –negara di dunia dengan jumlah penduduk yang panjang umur atau memiliki harapan hidup yang tinggi:

Advertisements
  1. Jepang. Seorang penduduk Jepang, Misao Okawa sudah menjanda sejak 83 tahun yang lalu. Di usia 116 tahun, dia menjadi orang tertua menurut Guinness World Record. Rahasianya? Makan, tidur, dan santai. Sebuah studi mengatakan, makanan yang dikonsumsi orang Jepang lah yang menjadikan mereka jarang ada yang terkena serangan jantung yang disebabkan oleh penyumbatan di arteri.
  2. Swiss.Dalam waktu 3 bulan setelah lahir atau menjadi penduduk di Swiss, pemerintah akan memberikan asuransi kesehatan dasar. Sistem ini sukses berpadu dengan masyarakat. Di mana perusahaan layanan kesehatan publik dan privat saling mensubsidi di bawah aturan dasar yang ketat namun tidak menyesakan. Karena itu, penyedia asuransi harus menawarkan semua orang perlindungan dasar terlepas dari usianya atau kondisi kesehatannya tanpa mengambil keuntungan.
  3. Singapura. Penduduk Singapura menempati peringkat ke 4 di dunia untuk tingkat harapan hidup meskipun hanya mengalokasikan 3% dari pendapatan per kapitanya di bidang kesehatan. Hal itu bisa terjadi karena pemerintah yang menetapkan polis dan harga asuransi. Mereka juga memberikan subsidi kesehatan yang tinggi bagi penduduk berpenghasilan rendah. Secara keseluruhan, hal inilah yang seharusnya menjadi contoh bagi negara-negara lain di dunia.
  4. Italia. Italia menjadi salah satu negara dengan harapan hidup tinggi karena makanan dan sikap orang-orangnya yang optimis menjadikan hal tersebut berdampak baik pada kesehatan. Walau pun hanya mengalokasikan 9% pendapatan per kapita di sektor kesehatan, sistem kesehatan nasional negara ini berada di tingkat kedua terbaik setelah Perancis.
  5. Perancis. Perancis menghabiskan dana yang secara signifikan lebih banyak dari pada negara-negara lain di Eropa. WHO pernah menilai sistem kesehatan Perancis sebagai yang terbaik di dunia.
  6. Korea Selatan. Biaya kesehatan di negara ini sangat rendah dengan kualitas pelayanan yang tinggi. Itulah yang menyebabkan harapan hidup Negara ini terbilang tinggi.
  7. Luksemburg. Standar yang ketat untuk biaya kesehatan oleh pemerintah menjadikan Luksemburg negara dengan sistem kesehatan paling inklusif di dunia. Pajak kesehatan didapat dari semua gaji pegawai dan keuntungan perusahaan. Dan itu semua mencakup semua penduduk tanpa melihat usia dan status.
  8. Portugal. Menurut WHO, sistem tripartite yang dilakukan oleh Portugal untuk layanan kesehatan nasional merupakan model yang baik untuk dijadikan contoh. Sejak 1980, angka kematian bayi turun sangat tajam dari 24 kematian per 1000 bayi menjadi hanya 3 saja saat ini. Dan secara statistik, setiap tahun populasi penduduk memiliki harapan hidup lebih tinggi.

Ternyata sistem kesehatan dan asuransi di negara-negara tersebut sangat mempengaruhi tingginya harapan hidup penduduknya.[]

Advertisements