Bom Atom dalam Perang Dunia Ke-2

Foto: Wikipedia

INSPIRADATA. Anda masih ingat sejarah tentang hancurnya kota Hiroshima dan Nagasaki? Dua kota ini pernah diledakan mengunakan bom atom. Persitiwa tersebut menewaskan korban sebanyak 129.000 jiwa dan membuat Jepang menjadi porak poranda seketika.

Bom atom merupakan senjata pemusnah massal terbesar yang dirancang oleh seorang fisikawan bernama Albert Einstein. Pada 2 Agustus 1939, Ia mengirimkan surat kepada Presiden AS, Franklin D. Roosevelt, yang isinya menyatakan bahwa AS harus terlebih dahulu menciptakan bom atom sebelum didahului Jerman. Presiden Roosevelt kemudian secara resmi menandatangani dokumen pengesahan pengembangan senjata nuklir yang sangat rahasia itu yang diberi nama “Manhattan Project.”

Akhirnya setelah berita pengeboman beredar dan diketahui banyak nyawa yang hilang, para ilmuan yang terlibat dalam Manhattan Project merasa menyesal. Einstein kemudian megirimkan surat kepada Presiden Roosevelt, dan mengatakan bahwa menciptakan senjata nuklir merupakan penyesalan dan kesalahannya yang paling fatal. Ia bahkan menyesali awal mula ia melakukan riset tersebut.

“Jika mengetahui akan menjadi sampai sedemikian akibatnya, lebih baik saya menjadi tukang reparasi arloji saja,” tuturnya ketika itu. []

 

Sumber: Infoyunik

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.