Ini Dia 5 Perpustakaan Terbesar Dunia

Foto: Urban Pixxels

INSPIRADATA. Kesadaran membaca di negara-negara maju memang cukup tinggi. Tak heran jika negara-negara tersebut memiliki perpustakaan-perpusakaan terbesar di dunia.

Selain memiliki koleksi buku yang jumlahnya jutaan, perpustakaan-perpustakaan ini juga memiliki berbagai fasilitas yang menambah kenyamanan pengunjung.

Maka, tidak heran jika perpustakaan-perpustakaan tersebut selalu ramai dikunjungi, tidak hanya untuk membaca tetapi juga untuk menikmati suasana tenang yang ada di dalamnya. Apa dan di mana saja perpustakaan tersebut? Berikut ulasannya, disitat dari Infoyunik

1. British Library – London, Inggris (170 Juta Item)

Jumlah koleksi buku di British Library ini memang membuatnya menjadi perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan nasional Inggris ini setiap tahun selalu bertambah sebanyak 3 juta item yang berasal dari berbagai negara. Saat ini perpustakaan tersebut sudah mengoleksi 170 juta item.

Siapapun bisa berkunjung ke perpustakaan ini untuk melihat koleksi dan layanan yang ada di sana. Ada sebuah fakta unik tentang British Library. Jika Anda melihat 5 item koleksi setiap harinya, dibutuhkan 80.000 tahun untuk melihat keseluruhan koleksi perpustakaan terbesar dunia ini. Wow.

2. Library of Congress – Washington, D.C, AS (151,8 Juta Item)

Library of Congress memiliki koleksi buku yang diperkirakan mencapai 151,8 juta item. Tidak mengherankan jika pustaka ini menjadi perpustakaan nasional Amerika Serikat. Perpustakaan ini menempati 3 buah gedung di Washington, D.C dan berdiri pada 24 April 1800 pada masa pemerintahan Presiden John Adams

Meski sering disebut sebagai perpustakaan terbesar di bumi, namun koleksi buku dari perpustakaan ini masih kalah dengan jumlah buku di British Library. Perpustakaan ini memang terbuka untuk umum, namun hanya para pejabat tinggi Amerika yang dapat meminjam buku di dalam perpustakaan tersebut.

3. New York Public Library – New York, AS (53,1 Juta Item)

Perpustakaan ini memiliki koleksi buku sebanyak 53,1 juta item. New York Public Library cukup unik karena dikelola secara pribadi sebagai organisasi nonprofit dengan dana dari publik. Para pengunjung dapat meminjam buku yang diinginkan namun ada beberapa cabang riset yang tidak diperbolehkan untuk dipinjam.

Meski dikelola secara pribadi, namun arsitekturnya tidak kalah dibandingkan perpustakaan-perpustakaan nasional negara lain. Tidak heran jika lokasi ini sering masuk dalam film-film Hollywood seperti The Day After Tomorrow dan Ghostbusters.

4. Russian State Library – Moscow, Rusia (44,4 Juta Item)

Russian State Library terletak di terletak di Moscow dengan koleksi buku sekitar 44,4 juta item. Setiap tahunnya, jumlah pengunjung mencapai 1,17 juta orang, sedangkan jumlah pendaftar mencapai 200 orang setiap harinya. Usia perpustakaan nasional rusia ini cukup tua, yakni dibangun pada pada tahun 1795. Di Rusia, perpustakaan ini memang paling populer.

5. National Library of Russia – Saint Petersburg, Rusia (36,5 Juta Item)

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar kedua setelah Russian State Library. Perpustakaan yang berdiri pada tahun 1795 ini memiliki koleksi buku mencapai 36,5 juta item. Di sini pengunjung bebas datang dan membaca koleksinya. Di sini tersimpan koleksi-koleksi berisi sejarah, warisan nasional, riset, kebudayaan, dan masih banyak informasi lain khususnya tentang Rusia. []

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.