Buah dan Warnanya, Apa Hubungannya?

foto: ahlinyaobatherbal

INSPIRADATA. Ketika mendengar kata buah-buahan, seringkali di benak kita terbesit sesuatu yang segar, manis-asam dan berwarna.

Ya, itulah buah-buahan yang baru dipetik dari pohonnya atau dijajakan di pusat pembelian supermarket dan pasar tradisional.

Memiliki rasa yang manis atau asam, segar dan berwarna macam-macam. Namun, apakah sering terdengar pertanyaan, kenapa ada banyak macam warna buah?

Disadur dari Sehatmu.com, warna buah ternyata menjadi ciri tertentu dari buah itu sendiri. Karena setiap buah mengandung PhytoNutrient atau nutrisi tersendiri yang terkandung dalam buah-buahan tertentu, yang menentukan fungsi dan manfaatnya.

Berikut 5 manfaat buah-buahan berdasarkan warnanya, seperti pernah dijelaskan oleh Dr. Grace Judio Kahl:

Buah Berwarna Merah

foto: modernfarmer

Buah dan juga sayur yang berwarna merah pada umumnya mempunyai PhytoNutrient utama yang bernama Lycopene serta asam ellagic, quercentin & hesperidin.

Zat-zat yang terkandung dalam semangka, tomat & jambu berfungsi untuk mengurangi resiko pembesaran prostat, dapat menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol, mampu mengurangi pertumbuhan tumor dan juga dapat meregenerasi sendi pada arthritis.

Buah Berwarna Kuning & Orange

foto: lahojitaPhytoNutrient dari buah warna kuning dan oranye utamanya bernama Beta-Cryptothanxin, karotenoid, zeaxanthin, lutein dan lainnya.

di dalam buah dan sayur yang warnanya kuning. Zat-zat tersebut mempunyai fungsi dalam pembentukan komunikasi sel, mencegah terkena penyakit jantung, mengurangi risiko terkena katarak dan juga mengurangi resiko terjadinya degenerasi retina.

Buah Berwarna Hijau

foto: Healthwantcare

Buah dan juga sayur yang berwarna hijau mempunyai PhytoNutrient utama yang dinamakan chlorophyl, magnesium, kalsium, lutein zeaxhanthin, asam folat, vitamin C & betakaroten.

Fungsi dari zat-zat tersebut adalah untuk mengurangi sakit pankreas, serta untuk menghambat aksi karsinogen ataupun faktor pemicu kanker.

Buah Berwarna Ungu & Biru

foto: healtyfoodstar

Buah buahan yang berwarna ungu dan juga biru memiliki kandungan PhytoNutrient utama yang disebut dengan resveratrol, anthocyanin dan fenolat, yang berperan atau berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung & kardiovaskular, dapat meningkatkan memori serta mampu memperlambat laju penuaan.

Buah Berwarna Putih

foto: belmarrahealth

Buah buahan yang warnanya putih mengandung PhytoNutrient utama yang disebut beta-clucans, flavenoids, alicoln dan juga lignan. Nutrisi tesebut memiliki fungsi di dalam menyeimbangkan kadar hormon.

Itulah beberapa manfaat buah berdasarkan warnanya menurut penelitian ilmiah. Jadi, mulai sekarang jangan malas lagi dalam mengonsumsi buah dan sayuran ya! []

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.