Air Mata Buaya, Apa Itu?

Advertisements
-Air Mata Buaya 300x225  - Air Mata Buaya, Apa Itu? - Air-Mata-Buaya-300x225
Foto: Wikipedia

INSPIRADATA. Sidang perdana kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, diwarnai dengan isak terdakwa ketika membacakan nota keberatan. Di lini masa medsos—terutama facebook—ramai dibicarakan istilah air mata buaya. Air mata buaya, apa itu?

Menurut Wikipedia, Air mata buaya merupakan emosi palsu pada seorang munafik yang pura-pura bersedih dan mengeluarkan air mata palsu.

Advertisements

Ekspresi ini berasal dari anekdot kuno, bahwa buaya menangis untuk menarik perhatian mangsanya, atau menangis untuk mangsa yang mereka terkam. Kisah ini pertama menyebar dalam cerita perjalanan Sir John Mandeville pada abad ke-14.

Buaya meneteskan air mata untuk mengeluarkan kelebihan garam dari tubuhnya. Khususnya setelah buaya memakan mangsanya, buaya akan meneteskan air mata. Tapi bukan karena penyesalan buaya tersebut, namun secara alami hal itu terjadi karena kelenjar air mata buaya akan mengeluarkan cairan untuk mengeluarkan kelebihan garam dari buaya. []

(Visited 3 times, 1 visits today)
Advertisements