Anak Durhaka, Inilah Faktor Penyebabnya

Advertisements


anak-durhaka -anak durhaka 300x225  - Anak Durhaka, Inilah Faktor Penyebabnya - anak-durhaka-300x225INSPIRADATA. Beberapa waktu yang lalu publik pernah dikejutkan dengan kasus pelaporan orang tua oleh anaknya sendiri ke pihak berwajib. Perbuatan yang banyak menuai komentar negative dari para netizen itu pun dinilai sebagai perbuatan durhaka anak terhadap orang tua. Sebenarnya mengapa seorang dapat berbuat sedemikian durhaka terhadap orang tua?

Banyak faktor yang menyebabkan anak melakukan kedurhakaan kepada orang tuanya. Menurut buku  ‘Relakah Anakmu Durhaka?’ berikut ini faktor-faktor peyebabnya:

Advertisements
  1. Kebodohan. Kebodohan adalah penyakit yang mematikan, dan orang bodoh adalah musuh bagi dirinya sendiri. Apabila seseorang tidak mengetahui akibat dari kedurhakaan dan hasil yang diperoleh dari berbakti kepada kedua orang tua, baik secara langsung ataupun tidak langsung, maka hal itu akan membawa seseorang kepada kedurhakaan dan memalingkan dari berbakti.
  2. Pendidikan Buruk. Orang tua yang tidak mendidik anak-anaknya agar bertakwa, berbakti, menyambung silaturrahim, dan mencari kemuliaan, maka hal itu akan membawa mereka kepada sikap membangkang dan durhaka.
  3. Adanya pertentangan. Kedua orang tua mengajarkan sesuatu kepada anak-anaknya, akan tetapi keduanya tidak mengamalkan apa yang telah mereka ajarkan, bahkan terkadang keduanya melakukan hal yang bertentangan dengan hal itu. Perkara ini akan memancing sang anak untuk melakukan pembangkangan dan kedurhakaan.
  4. Memperlakukan anak-anak secara buruk. Perbuatan inilah yang akan merusak anak-anak dan menjadikan mereka berbuat durhaka. Begitu juga hal itu akan menjatuhkan martabat orang tua dan melemahkan pengaruh keduanya dalam mendidik anak.
  5. Kedurhakaan orang tua kepada ibu-bapaknya. Hal ini merupakan salah satu sebab terjadinya kedurhakaan kepada orang tua. Apabila orang tua durhaka kepada ibu-bapaknya (kakek dan nenek sang anak), niscaya keduanya akan dihukum dengan kedurhakaan anak-anak mereka kepadanya.
  6. Minimnya ketakwaan kepada Allah tatkala terjadi perceraian. Ada sebagian orang tua apabila mengalami perceraian, maka keduanya tidak bertakwa kepada Allah Ta’ala, sehingga perceraian antara keduanya pun terjadi dengan cara tidak baik. Seringkali orang tua saling menjelekkan satu sama lain di hadapan sang anak. Akibatnya, anak-anak akan durhaka kepada kedua orang tuanya. Penyebabnya adalah kedua orang tua itu sendiri.[]

 

Advertisements