Bahaya! Sikap Pesimis Ternyata Picu Penyakit Jantung

Advertisements

-laki laki sedih wajah muka  300x225  - Bahaya! Sikap Pesimis Ternyata Picu Penyakit Jantung - laki-laki-sedih-wajah-muka--300x225

INSPIADATA. Pesimis adalah sikap tidak percaya diri seseorang ketika dihadapkan pada suatu masalah atau saat sedang berada dalam kondisi yang sangat buruk. Sikap pesimis ini memiliki dampak yang sangat buruk.

Dilansir dari Merdeka.com, selain mempengaruhi kehidupan sehari-hari, sifat pesimis juga membuat Anda berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung. Penelitian dari Finlandia menemukan bahwa angka orang yang meninggal akibat penyakit jantung koroner ternyata juga dibarengi dengan sifat pesimis yang mereka miliki sebelumnya.

Advertisements

“Sifat pesimis membuat orang jadi rentan stres. Untuk meredakan stres ini terkadang mereka mengalihkannya dengan melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi makanan tidak sehat, serta tidak rajin berolahraga. Jika kebiasaan ini terus dipupuk, maka angka kolesterol dan tekanan darah jadi naik. Begitu pula dengan gula darah dalam tubuh. Akibatnya, lambat laun kesehatan tubuh akan menurun,” terang Dr. Mikko Pankalainen, penulis utama penelitian dan seorang psikiater di Rumah Sakit Paijat-Hame Central di Lahti, Finlandia.

Penelitian terpisah lainnya juga menemukan bahwa wanita yang tidak memiliki tingkat ketidakpercayaan diri yang tinggi juga berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang bersifat optimis.

Ternyata di balik sifat negatif dan pesimis menyimpan bahaya kesehatan, ya. Jadi, apakah Anda masih mau menyimpan sifat buruk ini, Sahabat Inspira? []

Advertisements