Berbahaya, Isap Tembakau Gorila Picu Ide Bunuh Diri

Advertisements
-Pria merenung gedung 300x200  - Berbahaya, Isap Tembakau Gorila Picu Ide Bunuh Diri - Pria-merenung-gedung-300x200
Foto: UPI

INSPIRADATA. Tahun lalu tembakau gorila menghebohkan masyarakat, dan kini ia muncul kembali. Ternyata tembakau ini memiliki efek mengerikan. Berdasarkan hasil penilitian BNN, tembakau gorila dapat memicu ide untuk bunuh diri.

Tembakau gorila sendiri masuk dalam klasifikasi new psychoactive substances dengan nama AB-CHMINACA. Zat AB-CHMINACA merupakan salah satu jenis synthetic cannabinoid (SC).

Namun, hingga kini zat tersebut belum masuk daftar lampiran Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dalam bentuk Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

“Tapi, sejauh ini telah masuk dalam tahap finalisasi draft di Kemenkes untuk masuk dalam Narkotika golongan 1,” kata Slamet Pribadi, juru bicara Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Besar, lansir Tempo, Rabu, (11/1/2017).

Advertisements

Slamet menjelaskan kebanyakan dari SC yang beredar dikonsumsi dengan cara seperti mengisap rokok. Kemudian SC akan diabsorbsi oleh paru-paru dan disebarkan ke organ lain terutama otak.

Efek samping penggunaan SC atau tembakau gorila ini yakni dimulai dari gangguan psikiatri seperti psikosis, agitasi, agresi, cemas, ide-ide bunuh diri, gejala-gejala putus zat, bahkan sindrom ketergantungan.

“Beberapa kasus ditemukan efeknya seperti stroke iskemik, hipertensi, takikardi, nyeri dada, gagal ginjal akut bahkan infark miokardium,” pungkas Slamet. []

Advertisements