Bocah Miskin Turki Inspirasi Warga Sumbang 5 Ribu Sepatu untuk Pengungsi Aleppo

Advertisements
- Bocah Miskin Turki Inspirasi Warga Sumbang 5 Ribu Sepatu untuk Pengungsi Aleppo - sepatu-turki-aleppo-foto-arabi21-300x225
foto: arabi21

INSPIRADATA. Senin (26/12/2016) Seorang bocah Turki dari keluarga miskin menyumbangkan satu-satunya sepatu musim dingin  yang ia miliki untuk anak pengungsi Aleppo. 

Dalam waktu singkat, aksi bocah itu diikuti warga dan para pedagang Turki hingga akhirnya  terkumpul 5 ribu lebih sepatu untuk pengungsi Aleppo.

Dilansir laman sahabatalaqsho.net dari arabi21.com, awalnya lembaga kemanusiaan Turki IHH di Konya meluncurkan kampanye “Buka Jalan Menuju Aleppo” untuk menggalang dana bagi rakyat sipil yang sudah dievakuasi ke tempat aman dan memberikan bantuan kepada mereka melewati hari-hari musim dingin.

Kemudian  bocah berusia enam tahun ini mendatangi kantor penggalangan dana dengan didampingi ayahnya. Ia lalu menyumbangkan sepatu musim dingin satu-satunya yang ia miliki untuk anak Aleppo.

“Biasanya kami tidak menerima barang bekas untuk bantuan. Barang harus baru. Akan tetapi, ketika melihat kepolosan anak ini kami terima sumbangannya. Sepatu itu baru dibelikan ayahnya tahun lalu. Dan meskipun tidak memungkinkan bagi ayah anak itu membelikan sepatu baru, ia tetap tidak melarang anaknya menyumbangkan sepatu anaknya itu,” terang Husain Bathi, kepala kota industri Aikant yang sekaligus menjabat sebagai pengawas kampanye.

Advertisements

Bathi menambahkan, “Anak itu menyodorkan sepatunya kepada kami dan berkata, ‘Aku ke sini membawa ini. Aku berharap kalian mau menerimanya.’ Ayah anak itu berkata, ‘Saya tidak punya uang untuk membeli sepatu baru buat anak saya. Ini ada 50 lira ($14) saya sumbangkan untuk rakyat Aleppo.”

“Saya terenyuh sekali melihat kemurahan hati anak dan ayahnya itu. Kemudian saya sebarluaskan kejadian itu melalui media sosial,” kata Bathi, “Beberapa saat kemudian salah satu perusahaan sepatu di Istanbul meminta sepatu anak itu. Kami katakan kepadanya, ‘Kami berikan sepatu ini kepada penyumbang terbanyak.’ Kemudian, pengusaha ini menyumbang 2500 pasang sepatu kepada Bulan Sabit Merah Turki untuk diberikan kepada rakyat Aleppo,” ungkap Bathi.

Ketika pengrajin sepatu di kawasan industri itu mendengar kabar bocah menyumbangkan sepasang sepatu miliknya untuk anak-anak Aleppo, perasaan mereka tergerak. Lalu, mereka mengumpulkan 2500 pasang sepatu di Konya dan mengirimkannya untuk rakyat Aleppo.

“Pengorbanan anak kecil yang belum kita kenal namanya itu menjadi secercah harapan bagi ribuan rakyat  terzhalimi. Para donatur menanyakan kepada kami melalui telepon tentang anak itu. Sudah kami cari, namun belum ketemu. Ia memberikan sumbangan lalu pergi. Kami harap dia datang lagi supaya kami bisa berkenalan dengannya,” pungkas Bathi.[]

Advertisements