Cairan Vagina, Wanita Harus Tahu Lho (1)

Advertisements
-cairan  serambi indonesia 300x225  - Cairan Vagina, Wanita Harus Tahu Lho (1) - cairan-_serambi-indonesia-300x225
foto: Serambi Indonesia

INSPIRADATA. Tubuh biasanya bereaksi atau menunjukan tanda-tanda tertentu jika terjadi sesuatu pada kesehatan kita. Pada wanita, salah satu tanda yang ditunjukkan tubuh adalah melaui cairan pada vagina. Ini normal.

Wanita perlu memperhatikan bagaimana keluarnya cairan ini. Dengan begitu wanita bias membaca kemungkinan yang terjadi pada kesehatan tubuhnya.

Dilansir dari Kawanku, Ini lah  6 jenis cairan vagina atau keputihan yang perlu diketahui kaum hawa:

Jika cairan yang keluar dari vagina berwarna Putih, basah, dan elastic, kemungkinan ini menandakan ovulasi atau masa subur. Ini normal. Cairan yang muncul selama pertengahan siklus menstruasi adalah cara tubuh mempermudah sperma untuk masuk ke dalam vagina dan membuahi sel telur. Cairan yang keluar pada saat ovulasi bisa berlebihan, kata Alyssa Dweck, M.D., ahli kandungan di Westchester, New York dan penulis V is for Vagina, “Saya sering mendengar dari pasien yang khawatir ada sesuatu yang salah, tapi sebenarnya kondisi ini normal,” katanya.

Advertisements

Jika cairan yang keluar itu berwarna Putih, menggumpal, dan berbau, kemungkinan terjadi Infeksi jamur. Dan, ini tidak normal. Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan jamur berlebih, yang normalnya berperan untuk menyeimbangkan bakteri di vagina. Biasanya ini akan tampak seperti keju, ujar Alyssa Dweck. Walau tidak selalu berbau, tapi umumnya akan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu di bagian luar maupun di bagian dalam labia. Kalau ini terjadi, lebih baik segera hubungi dokter.

Jika warnanya Keabuan, tipis, dan memiliki bau yang kuat, kemungkinan ini adalah Bacterial Vaginosis (BV). Ini tidak normal. Bau yang tidak sedap menjadi tanda ada yang salah pada vagina, apalagi kalau baunya amis seperti ikan, kata Alyssa Dweck. BV juga sangat umum terjadi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, BV adalah infeksi vagina yang paling umum menyerang wanita usia 15-44 tahun. Ini juga mudah disembuhkan, ketika dokter sudah memberikan diagnosisnya.[]

Advertisements