Diet Okinawa Itu Apa?

foto: aloha

INSPIRADATA. Penduduk Okinawa, Jepang dikenal sebagai penduduk yang berumur panjang. Hal itu tidak lepas dari gaya hidup sehat mereka.

Orang Okinawa punya resep diet tradisional yang terkenal di dunia. Resep ini dikenal dengan nama Diet Okinawa.

Diet Okinawa adalah diet khusus makanan rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu menurunkan atau menjaga berat badan. Makanan ini  juga penting untuk menghindari penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Dilansir dari CNN Indonesia, Diet Okinawa mencangkup makanan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit-penyakit kronis karena sejumlah alasan berikut ini:

Pertama, rendah lemak  terutama lemak jenuh, tapi masih tinggi asam lemak omega-3. Setidaknya beberapa bentuk lemak jenuh dapat meningkatkan peradangan dan omega-3 cenderung mengurangi peradangan.

Kedua, rendah karbohidrat olahan (seperti gula), sehingga tidak memiliki dampak besar pada kadar gula darah. Itu bagus karena lonjakan gula darah bisa berkontribusi untuk pro-inflamasi dalam tubuh yang meningkatkan risiko penyakit kronis dan peradangan.

Ketiga, tinggi vitamin C, E dan A, dan fitokimia. Nutrisi ini bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas (hal-hal seperti asap, polusi, lemak tengik dan minyak dan sebagainya). Nutrisi ini dapat membantu mengurangi peradangan.

Nah, diet ini mungkin bisa diterapkan untuk siapa saja yang ingin memulai pola hidup sehat supaya bisa berumur panjang seperti halnya orang-orang di Okinawa.[]

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.