Diserang Musuh, 10 Tanaman Ini akan Lakukan ‘Aksi Balas Dendam’

Advertisements
- Diserang Musuh, 10 Tanaman Ini akan Lakukan ‘Aksi Balas Dendam’ - tomat-coffesiana-300x200
Foto: coffesiana

INSPIRADATA. Apa yang terlintas di benakmu dengan istilah ‘balas dendam’? Pasti Anda akan berpikir subjek atau pelaku balas dendam itu hanya terjadi pada manusia dan binatang saja bukan?

Namun, ada fakta unik lho. Ternyata aktivitas ‘balas dendam’ ini, tak hanya pada manusia dan binatang saja. Tumbuhan juga memiliki sifat ‘balas dendam lho. Lebih tepatnya tumbuhan mempunyai mekanisme pertahanan diri jika diserang makhluk hidup lain.

Ada yang tak ragu-ragu untuk memangsanya, melawannya dengan zat kimia, hingga mengundang predator lain untuk ‘membantu’nya. Sebagian jenis tanaman bahkan berkamuflase dengan apik dan cantik. Jangan sembarangan, tanaman-tanaman ini akan ‘balas dendam’ jika diserang, lho.

Lantas, tumbuhan apa saja yang memiliki sifat ‘balas dendam’ pada lingkungan yang ada di sekitarnya? Inilah 10 tanaman yang miliki sifat ‘balas dendam’:

1. Tembakau
Tembakau adalah salah satu jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan rokok. Namun, tahukah Anda jika tembakau akan meminta bantuan saat dirinya diserang makhluk hidup lain? Jika ada hama, ulat, dan serangga daun yang berani menggerogoti bagian tubuhnya, tembakau akan membalas dendam. Tembakau tak segan-segan untuk melakukan ‘panggilan’ kepada predator yang lebih kuat untuk memangsa musuh-musuhnya.

2. Venus Flytrap
Venus Flytrap, tumbuhan dengan nama latin Dionea muscipula ini memiliki daun yang berbentuk lobus-lobus untuk memakan mangsanya. Permukaan lobus Venus Flytrap mengandung pigmen yang menghasilkan warna merah. Ujung-ujung daunnya juga menghasilkan lendir untuk menarik perhatian. Jadi, jika ada serangga yang tertarik dengan Venus Flytrap atau tiba-tiba iseng hinggap dibagian dalamnya, Hap! Lobus-lobus tersebut akan menjebak dan menekan mangsanya.

3. Pohon Tomat
Tomat sering dikonsumsi dengan cara dilahap seperti biasa atau dibuat jus segar. Tomat juga kaya akan vitamin C. Namun, jika pohon tomat sudah mulai digerogoti oleh ulat, ia tak segan-segan untuk menghabisi ‘lawan’nya dengan ‘mengundang’ predator lain. Dalam eksperimen, buah tomat di pohon akan mengeluarkan asap sinyal kimia yang dapat mengundang sekumpulan tentara tawon. Sepertinya kaum ulat harus berhati-hati. Jika tidak pasukan tentara tawon tak segan-segan untuk memangsanya.

4. Murbei
Murbei adalah salah satu tanaman yang menyebarkan serbuk sarinya dengan cepat. Murbei mampu menyemprotkan serbuk sarinya selama 15 milidetik dengan hentakan yang kuat. Kekuatan murbei dalam menyemprot serbuk sarinya cukup untuk membuat para serangga sempoyongan.

Advertisements

5. Jewel Weed
Tidak hanya manusia dan binatang, tumbuhan juga memiliki respon untuk membantu sesama ‘saudara’nya, lho. Tanaman ini tidak mau ‘berbagi’ dengan tanaman lain. Mereka hanya mau berbagi dengan tanaman yang sama seperti mereka.

Saat jewel weed diletakkan dalam satu pot dengan tanaman lain, maka keduanya akan saling berlomba dalam mendapatkan nutrisi. Mereka akan tumbuh secepat-cepatnya. Namun, jika terdapat dua tanaman jewel weed yang diletakkan dalam satu pot, mereka tak segan-segan untuk berbagi nutrisi. Sehingga, mereka benar-benar saling mengendalikan kondisi akar masing-masing.

6. Pohon Willow
Pohon Willow memiliki kerja sama yang cantik dengan pohon Wilow yang lainnya. Saat sebuah pohon Willow diserang ulat dengan cara memakannya, maka pohon Willow akan melepaskan feromon ke udara. Feromon yang dilepaskan oleh sebuah pohon Willow akan dideteksi oleh pohon-pohon Willow yang lain. Sehingga, pohon Willow juga akan menembakkan senjatanya, sehingga para pemangsa akan mengalami kesulitan saat mencerna.

7. Nepenthes
Nepenthes (Kantong Semar) akan mengeluarkan aroma harum dari kantongnya untuk menarik perhatian serangga. Namun, bukan berarti tanaman kantong semar akan biasa saja dan membiarkan para serangga untuk memanfaatkannya. Saat serangga hinggap di bagian tepi, maka kantong semar akan ‘mengkondisikan’ serangga untuk masuk ke dalam sehingga dapat diambil nutrisinya.

8. Drosera
Tanaman Drosera disebut juga dengan ‘Sundew’ atau ‘Embun Matahari’. Drosera memiliki kelenjar tentakel dengan cairan yang lengket dan manis. Jika ada serangga yang mendekat dan menempel pada tentakel, maka tentakel lain akan digerakkan. Sehingga, serangga dapat terperangkap. Kelenjar tentakel ini akan menyerap nutrisi serangga.

9. Pohon Ara
Simbiosis yang terjadi antara serangga dan tanaman sering menjadi perhatian bagi pecinta dan peneliti dunia tumbuhan. Tanaman akan memberikan nektarnya, sedangkan serangga akan menyerbuki tanaman itu. Namun jika ada serangga yang berani-beraninya melanggar kesepakatan ini, pohon Ara tidak akan tinggal diam.
Pohon ara tak akan segan untuk membunuh lebah ara (partner serangga pohon ara) jika tak menyerbukinya.

Bahkan para peneliti sengaja membawa lebah ara yang tidak produktif yang tidak membawa serbuk sarinya. Saat pohon ara ditinggalkan begitu saja, maka sebagian besar buah dari pohon ara yang belum matang akan berguguran. Buah-buah yang belum masak itu akan menimpa telur-telur lebah yang belum menetas. Hmmm, bagaimana bisa pohon ara bisa tahu, ya?

10. Eukaliptus, Pohon yang Bisa Meledak Jika Diserang
Eukaliptus adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak kandungan minyak. Tidak hanya itu saja, Eukaliptus juga dapat dikatakan sebagai tanaman yang ‘kebal’ terhadap kebakaran hutan. Bahkan dalam situasi tertentu, Eukaliptus-lah yang justru menyebabkan kebakaran hutan.

Saat manusia-manusia tak bertanggung jawab membakar hutan seenaknya, Eukaliptus dapat bertahan. Eukaliptus memiliki batang yang tersembunyi dalam kulit. Ibarat memantikkan api di pom bensin, Eukaliptus dapat meledak. Eukaliptus juga menghasilkan awan keabu-abuan seperti api yang naik ketika disambar petir.

Wah, berarti kita harus berhati-hati terhadap 10 tanaman yang miliki sifat ‘balas dendam’ seperti di atas ya. Kenali ciri-cirinya ya? []

Sumber: www.tentik.com

Advertisements