Gara-gara Sepak Bola, Kedua Negara Ini Berperang

Advertisements
- Gara-gara Sepak Bola, Kedua Negara Ini Berperang - football-war-honduras-el-salvador-300x210
Foto: Misrawy

INSPIRADATA. Perang ternyata bisa saja disebabkan oleh alasan sepele dan bahkan bisa disebut tak masuk akal. Salah satunya adalah Perang Sepakbola yang di kenal juga sebagai perang 100 jam. Perang ini merupakan perang selama 4 hari antara El Salvador dan Honduras pada tahun 1969.

Advertisements

Perang kedua negara yang terkenal memiliki konflik politik ini dipicu oleh alasan yang sepele yaitu persaingan antar kedua negara di ajang piala dunia. Ketegangan kedua negara yang tak akur ini mencapai puncaknya pada ronde kedua babak penyisihan kualifikasi piala dunia FIFA 1970.

Saat itu kedua negara yang kebetulan bertemu harus melakoni laga kandang dan tandang untuk menentukan siapa yang lolos. Pada pertandingan yang pertama yang berlangsung di ibukota Honduras Tegucigalpa, Honduras berhasil memetik kemenangan.

Sedangkan di pertandingan kedua yang digelar di ibukota El Salvador, San Salvador, justru El Salvador yang berhasil menang. Pasca pertandingan kedua ini selesai, permasalahan kemudian mulai muncul saat media masa dari kedua negara mulai mengabarkan tentang kekisruhan yang terjadi seusai pertandingan berlangsung.

Media Honduras melaporkan terjadinya pemukulan, pembakaran mobil, dan penganiyayaan terhadap suporter Honduras selama di El Salvador, sedangkan  media El Salvador melaporkan adanya penyerangan terhadap suporter El salvador oleh warga Hoduras dan polisi selama pertandingan di Honduras.

Permusuhan di lapangan hijau ini kemudian merembet kemana-mana sampai akhirnya kedua negara memutuskan hubungan diplomatik mereka. Dan puncaknya pada tanggal 14 Juli 1969, El Savador akhirnya menyerang Honduras dan perang akhirnya pecah antar kedua negara ini.

Perang ini berakhir setelah dilakukan negosiasi dan pada akhirnya El Savador menarik tentaranya dari Honduras pada Agustus 1969. []

Sumber: anehdidunia

Advertisements