Gaya dan Sporty, Jersey Tim Sepakbola Wanita Afganistan Kini Dilengkapi Jilbab

foto: Dawn.com

INSPIRADATA. Sepakbola bukan hanya milik kaum Adam. Olah raga yang selalu menyita perhatian dunia ini ternyata juga diminati oleh kaum hawa.

Di Afghanistan, tak sedikit wanita yang ingin menjadi atlet sepakbola. Namun, hal itu masih mendapat kendala terkait kostum yang mereka kenakan. Sebagai muslimah, tentu saja wanita Afganistan dituntut untuk selalu berhijab.

Agar diizinkan menjadi atlet sepakbola, para wanita itupun diminta menggunakan jilbab. Untuk itu, seragam sepakbola wanita Afghanistan kini diperbarui. Jersey tim sepakbola wanita Afganistan kini dilengkapi dengan jilbab.

Jilbab tersebut dibuat seperti hoodie tapi menutupi rambut, telinga, dan leher. Salah satu pemain tim sepakbola wanita Afganistan mengaku senang saat mengenakannya

“Voila, jersey ini adalah seragam tim Afghani, dan saya bangga memakainya,” ujar Shabnam Mabarz, personil timnas Afganistan seperti dilansir dari ESPN.

“Hal ini sangat istimewa karena ini adalah identitas kita,” Ujar Mantan kapten sepakbola wanita Afghanistan, Khalida Popal.

Tampilan baru seragam sepakbola wanita Afghanistan itu dirancang oleh Danish dari merek pakaian olahraga Hummel. Brand tersebut yang juga membuat seragam sepakbola untuk tim nasional Denmark dan Lithuania.

Pemilik label Hummel, Christian Stadil, menuturkan kalau seragam ini menjadi solusi yang tepat untuk para pemain bola wanita di Afghanistan. Tidak hanya sesuai peraturan sepakbola tapi juga nyaman digunakan untuk bergerak.

“Kami pikir ini solusi. Jilbab olahraga merupakan bagian dari paket keseluruhan yang kami buat untuk Afghan Football Federation. Kami membuat baju yang keren dan modis,” pungkas Stadil.[]

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.