Hati-Hati, 6 Jenis Kanker Ini Serang Reproduksi Wanita (2)

Advertisements
kanker-wanita kanker Femina 300x225  - Hati-Hati, 6 Jenis Kanker Ini Serang Reproduksi Wanita (2) - wanita-kanker_Femina-300x225
foto: Femina

INSPIRADATA. Kanker, penyakit yang mematikan ini memang perlu diwaspadai. Apalagi oleh kaum hawa. Kenapa? Karena banyak jenis kanker yang spesifik menyerang wanita. Tidak tanggung-tanggung, kanker  bahkan bias menyerang reproduksi wanita.

Dilansir dari Kawanku, Berikut ini jenis kanker yg menyerang reproduksi wanita:

Kanker saluran tuba. Saluran tuba atau dikenal dengan tuba falopi adalah tempat melintasnya sperma menuju sel telur. Ini juga bias diserang kanker. Menurut The National Cancer Institute, kanker ini kerap ditemukan pada stadium lanjut sehingga angka harapan hidupnya rendah. Orang yang terkena kanker tuba falopi umumnya tidak  merasakan gejala awal atau tanda-tanda adanya sel kanker. Kanker ini memang jarang terjadi pada cewek. Dan, sayangnya juga, belum ada metode deteksi dini yang baik untuk bisa mengenali kanker ini secara dini.

Advertisements

Kanker vagina. Kanker ini juga sangat jarang terjadi, tetapi bisa ditemukan sejak dini. Gejala kanker vagina umumnya adalah perdarahan dari vagina meski tidak sedang menstruasi. Seperti kanker serviks, kanker vagina juga bisa disebabkan oleh infeksi HPV. Untuk itu, vaksin HPV sangat penting diberikan untuk mencegah berbagai kemungkinan terkena kanker pada sistem reproduksi.

Kanker vulva. Vulva adalah daerah luar yang mengelilingi vagina. National Cancer Institute mengungkapkan, kanker vulva biasanya ditemukan di bagian bibir vagina. Sejumlah kasus kanker vulva juga dikaitkan dengan infeksi HPV. Menurut National Cancer Institute, kanker vulva biasanya terbentuk secara perlahan selama beberapa tahun. Sel-sel yang abnormal itu mulanya dapat tumbuh di permukaan kulit vulva dalam waktu yang lama hingga akhirnya menjadi kanker. Beberapa tanda munculnya kanker vulva ialah neoplasia intraepitel vulva atau adanya pertumbuhan sel prakanker, perdarahan, terdapat benjolan di vulva, dan terasa gatal.

Setelah mengetahui berbagai macam jenis kanker pada reproduksinya, wanita tentu perlu waspada dan berhati-hati jika gejala-gejala yang diuraikan tadi terjadi. Deteksi dini sangat penting agar penyakit ini tidak berkembang ke organ lain.[]

(Visited 1 times, 1 visits today)
Advertisements