Hati-hati, Ini 5 Bahaya Bangun Tidur Langsung Mandi

48

bangun-tidur -  - Hati-hati, Ini 5 Bahaya Bangun Tidur Langsung Mandi -INSPIRADATA. Banyak di antara kita yang langsung mandi saat bangun tidur. Padahal, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini adalah hal yang membahayakan bagi tubuh?

Biasanya hal ini terjadi pada orang yang terlambat datang sekolah atau ke kantor karena bangun kesiangan. Setelah bangun tidur langsung lari ke kamar mandi. Terlambatnya Anda datang ke kantor tidak lebih penting dari kesehatan tubuh Anda. Berikut ini 5 bahaya bangun tidur langsung mandi yang dikutip dari soktau.com.

Tekanan Darah Tidak Stabil

Ketika tidur tubuh Anda dalam kondisi rileks karena telah melakukan proses tersuply-nya tekanan darah ke seluruh tubuh, terutama otak. Darah akan menuju kaki secara tiba-tiba jika Anda bangun tidur langsung menuju kamar mandi. Hal tersebut dipengaruhi oleh gaya grafitasi, akibatnya fungsi rileks sistem syaraf akan terganggu.

Jantung Berdebar Lebih Kencang

Dengan tekanan yang tidak stabil dapat membuat jantung Anda berdetak lebih cepat karena supply darah menuju otak dan jantung sangat sedikit. Hal tersebut dapat menyebabkan kepala pusing dan berjalan jadi tidak seimbang, sel-sel khusus yang ada di samping jantung dan arteri yang ada di leher akan menurunkan darah.

Dislokasi Tulang Pinggul

Jika tubuh langsung berdiri ketika bangun tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan dislokasi tulang pinggul. Disfungsi tulang pinggul adalah gejala dimana tulang mengalami pergeseran dari tempat biasanya. Biasanya pergeseran tulang disebabkan oleh benturan, tetapi tidak menutup kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh gaya hidup yang salah.

Kematian Mendadak

Untuk orang yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur sebaiknya tidak mandi ketika pagi harinya. Misalkan semalam hanya tidur beberapa jam saja, paginya tidak perlu terburu-buru mandi. Kenapa dilarang? Karena jika orang kekurangan waktu istirahat suhu tubuh bagian dalam mengalami pemanasan sehingga jika tersiram air dingin secara mendadak dapat menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil dan dapat menyebabkan kematian secara mendadak akibat serangan jantung.

Tubuh Gagal Merespon

Jika langsung mandi setelah bangun, akan menimbulkan gangguan kesehatan secara tidak langsung. Hal ini terjadi karena sirkulasi dalam tubuh yang tangguh. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama, nantinya akan menyebabkan kegagalan tubuh dalam merespon. Gejalanya seperti pandangan kabur, muncul rasa pusing, keringat dingin, kesemutan, lelah dan lesu.[]

(Visited 248 times, 1 visits today)