Ingin Rezeki Lancar, Jangan Lakukan 8 Hal Ini

Advertisements

uang -uang 300x225  - Ingin Rezeki Lancar, Jangan Lakukan 8 Hal Ini - uang-300x225INSPIRADATA. Berbicara mengenai rezeki, tentu banyak orang begitu memperhatikannya. Rezeki adalah suatu hal yang terbilang cukup penting dalam hidup manusia. Bisa dikatakan bahwa rezeki itu adalah penunjang hidup manusia. Karena manusia adalah makhluk hidup yang membutuhkan materi agar mampu bertahan hidup.

Kebanyakan manusia akan berusaha untuk memperoleh rezeki. Hanya saja, usahanya itu terkadang sia-sia. Mengapa? Karena, usaha tersebut dibarengi dengan perilaku-perilaku yang akan menolak rezeki. Sehingga, hasil usahanya tidaklah berarti, karena rezeki tak kunjung didapat.

Oleh sebab itu, jika kita ingin memperoleh rezeki dengan lancer, maka kita tidak boleh melakukan hal-hal yang membuat rezeki tertolak. Memang, apa saja yang membuat rezeki tertolak? Dalam infoyunik.com dijelaskan bahwa ada delapan hal yang membuat rezeki tertolak.

1. Kebanyakan Mengeluh
Kebiasaan pertama yang ternyata tanpa disadari bisa menolak rezeki adalah terlalu banyak mengeluh. Banyak manusia yang tidak merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Hal inilah yang menyebabkan banyak keluhan-keluhan terucap atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

2. Materialistis Alias Matre
Kebiasaan materialistis atau mengukur segala sesuatu dengan uang dan barang ternyata menjadi satu sikap yang bisa menolak rezeki. Orang yang memiliki sikap matre biasanya akan memandang rendah orang lain yang tidak memiliki kekayaan. Sementara itu, mereka akan memperlakukan orang kaya dengan sebaik-baiknya.

Padahal, sebenarnya Allah Subhanahu wa Ta’ala juga menitipkan rezeki kepada orang yang lemah, miskin dan teraniaya. Memuliakan orang yang miskin dengan cara bersedekah kepada mereka bisa menjadi salah satu jalan untuk menderaskan rezeki.

3. Makan Makanan Haram
Makanan haram saat ini tidak hanya sebatas daging babi, bangkai, darah, dan binatang yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah. Akan tetapi, makanan yang bersumber dari rezeki yang tidak halal seperti korupsi, mencuri, nepotisme dan lain sebagainya juga termasuk ke dalam makanan haram.

Ternyata mengonsumsi makanan haram tersebut bisa menjadi salah satu kebiasaan yang tanpa disadari dapat menolak rezeki dari Allah. Tubuh yang tumbuh dengan makanan haram, maka tidak akan malu untuk melakukan perbuatan yang diharamkan pula ketika mencari rezeki.

Advertisements

4. Terlalu Fokus pada Dunia
Manusia seringkali disibukan dengan perkara dunia, hingga mereka terlena dan lupa bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mereka juga menjadi lupa menabung amalan kebaikan untuk di akhirat kelak. Padahal kebiasaan yang demikian ini menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki. Bagaimana Allah akan memberikan rezeki-Nya sementara kita tidak pernah mengingat-Nya dan mengerjakan segala perintah-Nya.

5. Tak Menjaga Badan
Banyak orang mengabaikan masalah kesehatan badannya. Mereka lebih suka melakukan kebiasaan yang merugikan badannya, seperti tidak rajin olahraga, tidak makan teratur, merokok, dan lain sebagainya. Kebiasaan demikian ini menandakan bahwa ia tidak menjaga karunia dan rezeki yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Badan ini diciptakan untuk mengabdi pada Allah, untuk ibadah dan amal shaleh. Jika pemanfaatan badan dilakukan untuk hal-hal yang tak bermanfaat apalagi berhias dosa dan maksiat maka dijamin rezeki pun akan tertolak.

6. Kebanyakan Gosip
Ketika bergosip, berarti orang tersebut telah menghabiskan waktu untuk mencela dan mempergunjingkan kehidupan orang lain. Ternyata kebiasaan ini tanpa disadaari bisa menjadi salah satu tanda bahwa kita menolak rezeki dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan bergosip dan mulai memperbaiki diri.

7. Penggerutu dan Suka Marah
Orang yang suka marah dan menggerutu termasuk dalam orang yang kufur. Yakni orang yang tidak menerima takdir Allah yang telah terjadi kepadanya. Ia tidak bersyukur atas nikmat yang diterimanya karena mengganggap semua itu seperti masalah. Kebiasaan kufur yang demikian ini bisa menjadi salah satu penghambat datang rezeki.

8. Riya dan Suka Pamer
Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang suka memamerkan harta, benda dan amalan kebaikan yang dilakukannya. Hal ini dilakukan demi untuk mendapatkan pujian dari sesama manusia. Ia melakukan sedekah, shalat, haji dan ibadah lainnnya semata-mata hanya untuk ditunjukkan kepada manusia. Padahal seharusnya semua perbuatan tersebut harus diniatkan untuk ditujukan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kebiasaan riya dan pamer ini bisa menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki seseorang. []

Advertisements