Ini 7 Manfaat Berhubungan Intim bagi Kesehatan

Advertisements
-kucing dua  - Ini 7 Manfaat Berhubungan Intim bagi Kesehatan - kucing-dua
Foto: Youtube

INSPIRADATA. Berhubungan intim, tak hanya menyenangkan saja. Darinya, kesehatan tubuh dapat terjaga. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini.

Ya, berhubungan intim merupakan kebutuhan biologis yang tidak bisa dihindari dan tidak bisa dihilangkan dari kehidupan suami istri. Selain itu, berhubungan intim ternyata memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut 7 manfaat berhubungan intim sebagaimana disitat dari Klik Dokter:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di Wilkes University Pennsylvania menunjukkan bahwa orang yang melakukan hubungan intim sebanyak 1-2 kali setiap minggunya, akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang melakukannya kurang dari itu.

Meningkatkan fungsi kontrol kandung kemih

Hubungan intim akan menstimulasi kontraksi otot-otot di sekitar rongga panggul. Kontraksi ini dibutuhkan untuk menjaga fungsi kandung kemih tetap baik dalam menahan urin.

READ  Jika Istri "Minta" Duluan

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brody S pada tahun 2006 membuktikan bahwa hubungan intim dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat stres bagi pasangan suami istri yang melakukannya.

Membakar kalori

Pembakaran kalori pada saat melakukan hubungan intim memang tidak sebanyak saat Anda melakukan treadmill. Namun jumlah kalori yang dibakar saat hubungan intim tetap lebih banyak dibanding saat Anda menonton televisi atau membaca buku. Pasalnya, hubungan intim mampu membakar 5 kalori di setiap menitnya

Advertisements

Menurunkan risiko penyakit jantung

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, hubungan intim dapat menurunkan tekanan darah –salah satu faktor yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung di kemudian hari. Selain itu, hubungan intim juga dapat menjaga hormon estrogen dan testoteron tetap stabil. Dua hormon ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan jantung. Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang pria yang melakukan hubungan intim setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung setengah lebih rendah daripada mereka yang jarang melakukannya.

READ  Jika Kangen Suami, Istri Harus Gimana?

Menurunkan risiko kanker prostat

Sebuah jurnal yang dipublikasikan pada Journal of the American Medical Association membuktikan bahwa seorang pria yang sering ejakulasi (setidaknya 21 kali sebulan) akibat melakukan hubungan intim memiliki kemungkinan lebih rendah untuk terkena kanker prostat di kemudian hari. Penyebab kanker memang multifaktor dan tidak ada yang dapat menengetahui secara pasti. Namun dengan melakukan hubungan intim, setidaknya Anda sudah terhindar dari salah satu faktor risikonya.

Membantu tidur lebih nyenak

Orgasme akibat melakukan hubungan intim dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon prolactin –suatu hormon yang membuat seseorang lebih rileks dan tenang. Hormon inilah yang dibutuhkan agar seseorang dapat tidur lebih nyenyak. []

(Visited 2 times, 1 visits today)
Advertisements
READ  26% Penduduk Indonesia Jadi Korban Penipuan Online, Ini Solusinya