Ini Beragam Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Ini Beragam Manfaat Mandi dengan Air DinginINSPIRADATA. Mandi terkadang jadi ritual sehari-hari yang otomatis dilakukan. Ada yang menyukai mandi dengan air hangat, ada juga yang sebaliknya—lebih memilih menggunakan air dingin. 

Mandi menggunakan air hangat, memang dapat membuat rileks otot-otot tubuh yang tegang. Hasilnya badan Anda terasa lebih ringan dan tenang.

Namun, ternyata mandi dengan air dingin pun, tak kalah bermanfaatnya juga bagi kesehatan. Peningkatan sistem kekebalan tubuh, menjadi salah satu dari sekian manfaatnya. Seperti dilansir oleh Boldsky, berikut ini beberapa manfaat dari mandi air dingin:

Obati pilek.

Ketika pilek, biasanya kebanyakan orang berpikir untuk mandi dengan menggunakan air hangat dengan alasan bisa meringankan gejala pilek. Namun sebaliknya, penelitian menunjukan bahwa mandi menggunakan air dingin pada pagi hari mampu meringankan pilek yang diderita.

Air dingin bisa mendinginkan suhu tubuh yang cenderung panas ketika pilek. Setidaknya pilek Anda akan sedikit membaik.

Bantu turukan berat badan

Anda sedang diet? Ada baiknya untuk rajin-rajin mandi menggunakan air dingin. Pasalnya suhu dingin dapat menstimulasi produksi lemak. Lemak tersebut kemudian akan membakar kalori dalam tubuh Anda.

Tingkatkan sirkulasi darah

Mandi dengan air dingin secara teratur, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang mencegah pembekuan darah.

Tingkatkan sistem metabolisme tubuh

Mandi dengan air dingin, akan mengatur kembali suhu tubuh  hingga normal. Proses tersebut  membutuhkan kalori, sehingga sistem metabolisme tubuh akan meningkat.

Obati depresi

Stres, depresi, galau akut, cobalah terapi sederhana ini. Mandi. Suhu dingin mampu mendinginkan otak dan juga mampu meringankan depresi.

Tingkatkan energi tubuh

Bangun tidur, badan terasa lelah. Bukannya segar. Solusinya mandilah dengan air dingin. Hal itu dapat membuat kita kembali berenergi dan bersemangat.

Tingkatkan kesuburan pria

Suhu dingin air dapat meningkatkan hormon testosteron pria. Sebaliknya, mandi dengan air hangat justru  bisa menurunkan kualitas sperma.

Cegah iritasi kulit

Air dingin dapat membuat pori-pori kulit menyusut, juga mencegah iritasi kulit.

Hal sederhana yang menyimpan berbagai manfaat, mandi dengan air dingin. Semoga bermanfaat. []

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.