Ini Dia 8 Manfaat Ubi Untuk Kesehatan (2-Habis)

Advertisements
-bat  ta lila 300x225  - Ini Dia 8 Manfaat Ubi Untuk Kesehatan (2-Habis) - batáta-lila-300x225
terraherba

INSPIRADATA. Ubi jalar adalah tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman yang masuk dalam kategori umbi-umbian ini dapat dijadikan berbagai panganan. Dari sekadar dikukus atau digoreng, hingga diolah menjadi kolak atau puding. Rasanya yang enak membuat ubi jalar digemari oleh banyak orang.

Selain enak, ubi juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti disitat dari manfaat.co.id, berikut 8 manfaat ubi jalar yang mungkin belum Anda ketahui (4-8):

4. Meningkatkan Imunitas

Makanan nabati seperti ubi jalar yang tinggi vitamin C dan beta-karoten menawarkan meningkatkan kekebalan tubuh dari kombinasi yang kuat mereka nutrisi. Kandungan vitamin C pada ubi jalar, berfungsi mencegah penyakit yang datang melelui virus seperti flu.

5. Mengatasi Peradangan

Advertisements

Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalam ubi jalar untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi. Dalam studi yang dipublikasikan oleh Journal of Medicinal Food, ekstrak ubi jalar ungu ditemukan memiliki efek anti-inflamasi dan antilipogenic positif.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut Duke dokter mata Jill Koury, MD, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk, merusak penglihatan normal. Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan tinggi beta karoten seperti ubi akan mengembalikan kemampuan penglihatan.

7. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar membantu mencegah sembelit dan membuat saluran pencernaan menjadi sehat.

8. Sumber energi

Kandungan mineral penting yaitu zat besi dan magnesium dalam ubi meningkatkan energi yang dibutuhan untuk beraktivitas. Pada zat besi juga merangsang produksi pembentukan sel darah merah bagi tubuh. []

 

Advertisements