Ini Dia 8 Stadion Berkelas Dunia Milik Indonesia

Advertisements
-stadion 300x225  - Ini Dia 8 Stadion Berkelas Dunia Milik Indonesia - stadion-300x225
foto: bola.com

INSPIRADATA. Indonesia saat ini sedang berbenah di dunia olahraga. Tahun 2017 ini Indonesia memiliki 8 stadion berkelas dunia baik yang sudah siap pakai maupun yang masih dalam proses persiapan.

Dilansir dari sportnesia.win, berikut ini 8 stadion kelas dunia yang dimiliki Indonesia di tahun 2017:

Emirates Stadium atau Stadion Batakan. Stadion yang direncanakana akan menjadi markas Persiba Balikpapan ini dipuji mirip markas  Arsenal Emirates Stadium. Berkapasitas 40 ribu penonton, stadium ini diklaim sebagai stadion satu-satunya di Asia yang memiliki atap berbentuk bando. Stadion ini baru bisa digunakan pada Juni 2017 karena masih dalam tahap pembangunan.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Rumput yang digunakan di stadion ini adalah dari jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yakni rumput kelas satu standar FIFA. Stadion ini juga dilengkapi dengan lapangan sepak bola, atletik, kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, e-board, scoring board dan kursinya tahan api dengan kursi merk Ferco. Karena standard FIFA itulah jumlah kursi penonton hanya 38 ribu penonton. Padahal,  jika tanpa kursi sebenarnya bisa menampung 72 ribu penonton. Gedung stadion ini berlantai 4 dengan luas ruangan 72 ribu meter persegi sehingga jika ditotal dengan fasilitas pendukung lain dapat mencapai 40 hektare. Akan ada banyak mushola dan toilet berjumlah 766 buah, selain itu juga ada ruang VVIP untuk kelas kepala negara presiden dengan kaca anti peluru dan landasan helikopter.

Advertisements

Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Stadion ini merupakan stadion terbesar di Indonesia yang berskala Internasional.

Stadion Palaran. Fasilitas stadion ini masuk dalam kategori A. rumputnya juga standar Internasional. PSSI bahkan pernah menunjuk stadiom Palaran ini sebagai tempat pertandingan final dan 8 besar divisi utama Liga Indonesia tahun 2008.

Stadion Pakansari. Yang satu ini pasti tidak asing. Pembangunannya memakan biaya sebesar lebih dari Rp 400 miliyar. Stadion Ini terkenal setelah digunakan sebagai tempat berlangsungnya putaran final AFF 2016 anatara Indonesia melawan Thailand.

Stadion Gelora Sriwijaya atau Stadion Jakabaring. Dibuka pada tahun 2004 dengan luas lahan 40 hektar are. Daya tampungnya 40 ribu penonton.

Stadion Aji Imbut. Biaya pembuatan stadion ini sebesar Rp. 899 Milyar.  Daya tampungnya 35 ribu penonton.  Stadion ini dulunya bernama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kundungga. Kini stadion ini menjadi homebase klub Mitra Kukar FC.

Stadion Gelora Bung Tomo. Daya tampung Stadion Gelora Bung Tomo adalah 55-60 ribu  penonton, dengan lampu seribu  luks, 400 meter dan 8 jalur lintasan atletik. Stadion ini pernah digunakan untuk pertandingan sepakbola dan menjadi basis baru bagi Persebaya 1927 dan Persebaya Surabaya bersama di Stadion Gelora 10 November pada saat itu.

Semoga dengan adanya 8 stadiom bertaraf internasional tersebut, Indonesia mampu menorehkan prestasi yang lebih gemilang lagi di bidang olahraga di dunia Internasional.[]

Advertisements