Ini Pesepakbola Muslim Dunia yang Mungkin Belum Anda Ketahui

INSPIRADATA. Eropa, kini menjadi kiblat sepakbola dunia. Deretan pemain top, talenta-talenta muda berbakat dunia unjuk gigi di liga-liga benua biru. Selain piawai mengolah si kulit bundar, pesepakbola top ini ternyata seorang Muslim.

Nama-nama seperti Karim Benzema, Frank Ribery dan Mesut Ozil, mungkin semua orang sudah tahu jika mereka itu Muslim. Namun ternyata ada beberapa pesepakbola dunia yang tak diketahui bahwa sebenarnya mereka adalah seorang muslim. Siapa saja?

Berikut 5 pesepakbola Muslim yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Adnan Januzaj  
Berasal dari Kosovo—sebuah negara di Semenanjung Balkan–Adnan Januzaj terlahir dari kedua orangtua yang beragama Islam. Sebagai seorang muslim yang bermimpi menjadi pemain professional, pada awalnya dirasa sulit oleh Januzaj.

Namun berkat kegigihannya berlatih mengolah si kulit bundar, pria kebangsaan Belgia ini akhirnya dilirik klub besar Premier League Manchester United.

Januzaj menjadi pemain muslim pertama yang berhasil mencetak gol bagi Setan Merah sepanjang sejarah berdirinya klub.

2. Eden Hazard
Eden Hazard lahir di Kota La Louviere, Belgia. Ia tumbuh dan besar di Braine le Compte, sebuah kota kecil di kawasan Wallonia, Belgia. Hazard lahir dari sebuah keluarga penggila sepakbola.

Karirnya di dunia sepakbola moncer semenjak bergabung dengan Chelsea. Beberapa trofi pun sudah ia berikan bagi tim London biru.

Meski jarang terekspose jika Hazard adalah seorang muslim, namun situs theasianworld memasukkan nama Eden Hazard pada nomor urut pertama dari 10 daftar pemain sepakbola muslim teratas atau Top Ten Muslim Footballers.

3. Marouane Fellaini
Bernama lengkap Marouane Fellaini-Bakkioui, pemain Setan Merah ini lahir dari orangtua yang berasal dari Maroko.

Fellaini memunyai kebiasaan unik, yakni menyempatkan berkunjung ke masjid-masjid besar di setiap negara yang ia kunjungi.

4. Edin Dzeko
Lahir pada 1986 di Brijesce, daerah pinggiran Sarajevo, Edin Dzeko dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Pemain yang kini merumput bersama AS Roma ini, sering kali tertangkap kamera sedang berdoa dan mengusap kedua tangan ke mukanya jelang laga berlangsung.

Sosoknya yang gahar sebagai penyerang haus goal, berbanding terbalik dengan pembawaanya sebagai muslim yang rendah hati.

Dzeko pun dikenal sebagai muslim yang taat beribadah. Ia rajin menunaikan salat lima waktu setiap hari.

5. Bacary Sagna
Tangguh di lapangan, tidak lantas membuat pemain kulit hitam ini lupa dengan kewajibannya sebagai seorang muslim. Bahkan Sagna dikenal oleh rekan-rekannya sebagai muslim yang religius.

Beberapa kali lewat akun media sosial resminya, Sagna selalu menuliskan rasa bersyukurnya atas nikmat muslim dan apa yang telah ia capai selama menjadi pemain sepakbola kepada Allah.

“Saya ingin berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikan saya kehidupan yang hebat untuk kesehatan, dikelilingi oleh orang-orang luar biasa, bisa melihat, berjalan, berbicara dan dilahirkan menjadi seorang Muslim, Alhamdulillah,” ujar Sagna. []

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.