Inilah Manfaat Cuka Bagi Kesehatan (1)

Advertisements
- Inilah Manfaat Cuka Bagi Kesehatan (1) - cuka4-300x225
foto: Google

INSPIRADATA. Asam Asetat atau lebih dikenal dengan nama cuka tentu tidak asing lagi bagi pencinta asinan di Indonesia. Walaupun, penggunaannya pada makanan terkadang sering dihindari karena dikhawatirkan membahayakan kesehatan. Namun, ternyata cuka juga meyimpan manfaat bagi kesehatan juga lho.

Dilansir dari manfaat.co, berikut ini manfaat cuka bagi kesehatan tubuh kita:

Advertisements
  1. Meningkatkan penyerapan kalsium. Manfaat kalsium memang sudah terbukti sangat penting untuk kesehatan. Seperti bahan makanan lainnya yang tinggi asam citrit, cuka dapur termasuk juga cuka apel bisa membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Selain kalsium, cuka dapur juga bisa meningkatkan penyerapan jenis mineral lainnya yang kita dapatkan dari sayuran atau makanan lain yang kita konsumsi. Anda bisa mencampurkan satu sendok the cuka dapur ke dalam salad buah atau sayur. Anda juga dapat meminumnya satu sendoknya langsung, dapat juga dengan tambahan air putih agar rasanya tidak terlalu asam.
  2. Mencegah osteoporosis. Minum cuka dapur secara teratur sebelum anda makan siang bisa membantu mengurangi resiko terkena pengeroposan tulang. Pada wanita, banyak penelitian yang menemukan jika wanita lebih rentan terkena pengeroposan tulang atau yang lebih sering kita sebut dengan istilah osteoporosis. Pada orang yang memiliki kondisi tubuh dimana kalsium sulit untuk diserap yang dapat menyebabkan osteoporosis, cuka dapur sangat bisa membantu untuk meningkatkan penyerapan kalsium.
  3. Membantu mengatasi gejala gastrointestinal. Kalsium bisa kita dapat dengan mudah dengan mengkonsumsi susu atau produk yang terbuat dari susu. Tetapi beberapa orang mungkin memiliki intoleransi terhadap susu atau produk berbahan susu lainnya. Dalam keadaan tersebut, orang yang mengalami intoleransi laktosa tersebut dapat mengalami kekurangan kalsium yang bisa di dapat di dalam kalsium. Keadaan tersebut juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti diare atau masalah gastrointestinal lainnya. Sehingga mengkonsumsi cuka dapur bisa membantu tubuh menyerap kalsium – kalsium atau mineral lain yang terdapat pada sayuran yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.
  4. Menstabilkan Gula Darah. Mengkonsumsi cuka sebelum sarapan atau konsumsi makanan tinggi karbohidrat lainnya dapat membantu tubuh untuk menstabilkan gula darah. Bahkan cuka disebut oleh para peneliti sebagai bahan yang memiliki kandungan manfaat seperti obat – obatan anti diabetes.[]

 

Advertisements