Inilah Manfaat Cuka Bagi Kesehatan (2)

Advertisements
-cuka4 300x225  - Inilah Manfaat Cuka Bagi Kesehatan (2) - cuka4-300x225
foto: Google

INSPIRADATA. Asam Asetat atau lebih dikenal dengan nama cuka tentu tidak asing lagi bagi pencinta asinan di Indonesia. Walaupun, penggunaannya pada makanan terkadang sering dihindari karena dikhawatirkan membahayakan kesehatan. Namun, ternyata cuka juga meyimpan manfaat bagi kesehatan juga lho.

Dilansir dari manfaat.co, berikut ini manfaat lainnya dari cuka bagi kesehatan tubuh kita:

Advertisements
  1. Memperlambat proses penuaan. Penelitian membuktikan, cuka mengandung anti oksidan. Anti oksidan bisa membantu mencegah terjadinya proses penuaan. Selain itu, anti oksidan di dalam cuka bisa memeperlambat proses penuaan dini.
  2. Mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangat mematikan. Dan sayangnya, penyakit kanker ini masih sulit untuk menemukan obatnya. meskipun dengan bantuan berbagai teknologi saat ini para penderita kanker memiliki harapan hidup lebih tinggi. Kandungan anti oksidan yang tinggi di dalam cuka bisa anda manfaatkan untuk mencegah tubuh dari pertumbuhan sel – sel kanker yang sangat mematikan.
  3. Menjaga kesehatan jantung. Cuka mengandung zat yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Cuka dapat mencegah terjadinya oksidasi lipoprotein atau yang juga disebut LDL yang bisa mengakibatkan terjadinya kondisi dimana munculnya plak pada arteri jantung, dan menyumbat peredaran darah. Kondisi tersebut dapat mengarah pada terjadinya serang jantung yang tiba – tiba.
  4. Mencegah Stroke. Cuka bisa bermanfaat untuk mencegah serangan penyakit stroke. Seperti kegunaan cuka untuk mencegah penyakit jantung, kandungan di dalam cuka bisa mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, dan pembekuan darah yang bisa menyebabkan stroke.
  5. Membantu menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, cuka bisa membantu anda menurunkan berat badan. Cuka bisa menjadi pengganti lemak yang sangat baik. Gunakan cuka pada salad, konsumsi secara teratur agar manfaatnya cepat terasa. Di samping itu, rasa dari salad yang anda tambahkan cuka bisa lebi enak dan segar.
  6. Dapat mengobati infeksi. Cuka dapat membunuh bakteri. Penelitian membuktikan jika cuka mengandung anti bakteri yang dapat bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan akibat infeksi. Keasaman di dalam cuka dapat menurunkan pH pada jaringan dan mencegah tumbuhnya bakteri pada permukaan jaringan. Bahkan pada tahun 2014, sebuah penelitian menemukan jika kandungan cuka yang membuatnya mengeluarkan aroma khas yang menyengat, serta asam asetiknya bisa bermanfaat sebagai non toxic desinfektan yang bisa membunuh bakteri tuberculosis.[]
Advertisements