Harus Tahu, Inilah Manfaatnya Menikah

Advertisements

nikah-sehat  - Harus Tahu, Inilah Manfaatnya Menikah - nikah-sehat-300x225INSPIRADATA. Salah satu langkah penting yang dijalani manusia adalah pernikahan. Selain perintah agama, menikah juga merupakan fitrah manusia yang ternyata sangat bermanfaat bagi kehidupannya. Setiap orang pasti mendambakan pernikahan yang bahagia. Mengapa demikian? Salah satunya mungkin karena pernikahan bahagia ternyata berpengaruh besar pada kesehatan manusia.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini manfaat pernikahan bagi kesehatan:

Advertisements

Saat berada dalam suatu pernikahan yang sehat, membahagiakan dan harmonis, kita akan terdorong secara tidak sadar untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri karena ingin hidup berlama-lama dengan pasangan. Pasangan yang pernikahannya bahagia cenderung memiliki kehidupan sehari-hari yang lebih teratur sehingga juga memiliki pola tidur dan pola makan yang lebih baik pula yang akan membuat tubuh jadi lebih sehat.

Manfaat kedua dari menikah untuk kesehatan adalah  terhindar dari stres berlebih. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul ‘Stress’ pada tahun 2010, pernikahan yang bahagia terbukti mampu memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon kortisol yang cukup untuk melawan stres pada seseorang.

Dengan memiliki pasangan hidup dalam pernikahan yang aman terbukti membuat seseorang terhindari dari pikun yang biasa dialami oleh orang-orang berusia 50 tahun ke atas.

Pasangan yang bahagia dalam pernikahannya biasanya akan lebih terjamin hidupnya karena ada yang menjaga dan memperhatikan perubahan apapun yang terjadi pada kondisi kesehatannya. Akan ada pasangan yang mengajakmu untuk mengecek kesehatan ke dokter.

Pernikahan yang bahagia juga akan membuat seseorang memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap serangan depresi di usia-usia paruh baya. Hal ini disebabkan karena rasa bahagia dapat menjaga kestabilan mentalnya.[]

Advertisements