Kalimat Tayibah, Anak harus Mengenalnya

Advertisements

kalimat-tayibah kalimat tayibah - Kalimat Tayibah, Anak harus Mengenalnya - kalimat-tayibah-300x225INSPIRADATA.Betapa miris melihat degradasi moral di kalangan pelajar saat ini. Bukan ha nya sikap tidak hormat, namun hal itu juga terlihat dari kata-kata kasar yang dilontarkan. Bagaimana solusinya?

Pendidikan dalam keluarga tentunya harus diperkuat. Membiasakan anak mengucapkan kalimat yang baik (kalimat tayibah) akan berdampak baik bagi pembentukan karakter akidahnya. Anak akan tumbuh menjadi sosok yang selalu menyadari kehadiran Allah dalam setiap aktivitasnya. Ia akan lebih mudah mengerjakan ibadah. Akhlaknya pun insya Allah akan lebih terjaga.

Berikut ini beberapa kalimat tayibah yang bisa dikenalkan kepada buah hati sejak dini:

Advertisements
  1. Berupa ucapan bismillah. Walaupun ringan kalimat tasmiyah mengandung fungsi yang penting, yaitu: permohonan agar diberi kekuatan oleh Allah, penjagaan diri dari godaan setan, sebagai terapi, upaya perlindungan dari sesuatu yang membahayakan. Oleh karena itu, dengan membiasakannya, anak akan menyadari bahwa sesungguhnya yang paling berkuasa adalah Allah SWT.
  2. Berupa ucapan subhanallah. Kalimat tasbih digunakan untuk memuji Allah, menyucikan-Nya dari segala hal yang tidak pantas. Dengan demikian Anak akan menyadari tentang sifat Allah yang maha suci.
  3. Berupa ucapan Alhamdulillah. Kalimat tahmid merupakan refleksi rasa syukur atas nikmat Allah. Biasanya diucapkan setelah melakukan suatu pekerjaan tertentu. Dengan demikian anak akan memahami dan meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak Allah.
  4. Berupa ucapan la ilaaha illallah. Ini merupakan kalimat pengakuan bahwa tiada tuhan selain Allah. Jika dihayati akan membawa sikap positif bagi anak. Dia akan memahami bahwa semuanya bergantung pada Allah semata, dan tidak pada selain Allah.
  5. Berupa ucapan Allahu akbar.Ini merupakan ucapan pengakuan akan kebesaran Allah. Dengan demikian anak akan menyadari tentang ketidakberdayaannya di hadapan Allah.
  6. Ucapan Masya Allah. Ini merupakan ungkapan ketakjuban dan kekaguman akan ciptaan Allah.
  7. Berupa ucapan Astaghfirullah. Ini merupakan ungkapan permohonan ampun atas segala kesalahan. Anak akan memahami tentang ketaatan serta kepatuhan kepada Allah melalui kalimat tayibah ini.
  8. Ucapan insya allah. Kalimat ini diucapkan apabila kita akan menjanjikan sesuatu yang akan dilakukan. Dengan demikian, anak akan belajar untuk menepati janji dan berserah diri kepada Allah.
  9. Ucapan Laa haula walaa quwwata illa billah. Kalimat ini merupaka refleksi dari sikap tawakal seseorang. Anak perlu membiasakan kalimat ini agar menyadari bahwa tidak ada kekuatan dan pertolongan kecuali dating dari Allah semata.
  10. Ucapan Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kalimat ini biasanya diucapkan ketika dalam keadaan tertimpa musibah. Jika diresapi hati akan menjadi lapang dan sabar. Menanamkannya pada anak akan membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang bersemangat dan pantang mnyerah karena ia menyadari bahwa segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada Allah.[]

 

Advertisements