Mengapa Stroke Lebih Sering Terjadi Saat Penderita di Kamar Mandi?

Advertisements

kamar-mandi  - Mengapa Stroke Lebih Sering Terjadi Saat Penderita di Kamar Mandi? - kamar-mandi-300x225INSPIRADATA. Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat. 

Namun banyak kasus orang penderita stroke mendapat serangan penyakit ini ketika tengah berada di kamar mandi.

Advertisements

Dikumpulkan dari berbagai sumber, hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang disebabkan oleh tersumbat atau menyempitnya pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar; yang akhirnya memaksa kerja jantung menjadi lebih keras lagi.

Risikonya, tekanan darah yang tinggi oleh penyempitan pembuluh darah dan semakin kuatnya desakan denyut jantung bisa membuat pembuluh halus di otak pecah. Pecahnya pembuluh darah di otak inilah yang menyebabkan orang bisa terkena serangan stroke, koma bahkan sampai meninggal dunia.

Ada anjuran bahwa pada waktu mandi jangan basahkan kepala dulu, tetapi basahkan dulu pada bagian tubuh. Hal ini karena jika kepala menjadi basah dan dingin oleh air mandi, maka semua darah akan mengalir ke kepala dan memanaskan kepala. Logika ‘warm blooded human’ , jika ada saluran darah seseorang yang menyempit, maka bisa terjadi pecahnya saluran pembuluh darah. Dan ini seringkali berlaku di kamar mandi.

Itulah sebabnya mengapa selama ini serangan stroke sering terjadi di kamar mandi. Pun begitu, belum ada konfirmasi jelas soal hal ini dari bidang medis. []

Advertisements