Minum Air Dingin, Brrr….Inilah Manfaatnya

Advertisements

air-dingin manfaat-air dingin 300x205  - Minum Air Dingin, Brrr….Inilah Manfaatnya - air-dingin-300x205INSPIRADATA. Mana yang lebih bermanfaat, minum air putih hangat atau dingin? Jawaban untuk pertanyaan tersebut sebenarnya masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa konsumsi air dingin lebih menyehatkan, sementara sebaliknya banyak juga pakar kesehatan yang menyarankan untuk minum air hangat karena mereka meyakini bahwa air hangat lebih menyehatkan bagi tubuh.

Namun, ada juga ahli kesehatan lainnya yang mengatakan bahwa baik air dingin maupun air hangat dua-duanya sama-sama baik dan menyehatkan. Tak ada perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya, karena yang lebih ditekankan adalah jumlah kecukupannya, bukan suhunya.

Berikut ini manfaat minum air putih dingin bagi kesehatan:

Air putih dingin lebih baik dikonsumsi saat setelah berolahraga. Selain membantu menghilangkan haus dan memberikan efek lebih segar, minum air putih dingin setelah olahraga membantu suhu tubuh untuk cepat kembali normal setelah berolahraga.

Advertisements

Ketika kita berolahraga, tubuh kita baru saja melakukan aktivitas fisik yang cukup intens dan berat sehingga suhu tubuh menjadi meningkat. Air putih dingin membantu menurunkan suhu tubuh kembali normal. Selain itu, menurut Columbia University minum air dingin setelah olahraga lebih dianjurkan karena air dingin lebih cepat diserap ke dalam tubuh daripada air hangat, sehingga mempercepat proses hidrasi tubuh.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi air hangat setelah berolahraga. Karena pada mereka yang memiliki gigi sensitif, air hangat lebih membantu daripada air dingin. Selain itu, bagi mereka yang mudah sakit setelah minum air dingin, sebaiknya lebih memilih air hangat dan sebisa mungkin menghindari minum air dingin.

Air hangat dan air dingin memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing. Apapun pilihan Anda, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda, karena tiap orang memiliki respon tubuh yang berbeda-beda. Hal terpenting yang perlu selalu diingat adalah menjaga pasokan air (kecukupannya) bagi tubuh per hari, agar tubuh selalu sehat.[]

(Visited 2 times, 1 visits today)
Advertisements