Muslimah, Wajib Tahu 8 Bahaya Make-Up Ini

Advertisements

make-up make up-make up 300x225  - Muslimah, Wajib Tahu 8 Bahaya Make-Up Ini - make-up-300x225INSPIRADATA. Make-up memang identik dengan wanita. Make-up merupakan salah satu jalan yang ditempuh wanita untuk merias  wajah agar penampilannya terlihat lebih cantik. Namun, kadang, make-up membuat wanita jadi ketergantungan terhadapnya. Ini berbahaya. Apalagi sekarang ini banyak ditemukan  produk kosmetik yang ternyata tidak aman bagi kesehatan. Oleh karena itu kita perlu mewaspadai bahayanya.

Dilansir dari Annida-online, berikut ini ulasan mengenai bahaya make-up bagi ah:

Advertisements
  1. Tidak bisa tampil percaya diri tanpa make up. Make up memang bisa mempercantik diri, Tetapi, Terkadang kita jadi merasa kurang cantik jika tidak ber-make-up. Sehingga kita jadi tidak percaya diri jika tampil tanpa make-up.
  2. Rela mengorbankan ibadah. Pakai make up itu membutuhkan waktu lama. Terkadang , karena ketakutan make-upnya luntur, wanita bahkan bisa menghindari air wudhu sehingga meninggalkan sholat demi menjaga make-up. Kerugiannya adalah bisa merusak akidah dan menimbulkan dosa.
  3. Bisa terjerumus menipu pasangan. Belakang ini terjadi fenomena suami menceraikan istri ketika melihat perubahan drastic dari wajah istrinya yang tanpa make-up. Tentunya ini sangat merugikan.
  4. Menghabiskan uang. Make-up dan kosmetik yang ada saat ini snagat bervariasi, mulai dari merek terkenal hingga produk abal-abal. Masing-masing dibandrol dengan harga tertentu. Sedangkan, make-up biasanya terdiri dari beberapa produk, bukan hanya satu. Jika diakumulasi, dibutuhkan dana yang cukup besar untuk sekedar membeli produk kecantikan untuk make-up. Alangkah lebih baik, jika uangnya dipakai untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.
  5. Bisa menjerumuskan hingga mengubah bentuk ciptaan Allah. Ini yang berbahaya sekali. Ketika seorang wanita merasa tidak puas dengan penampilannya ia akan terus berinovasi dengan berbagai cara mulai dari make-up tipis sampai tebal bahkan operasi plastic pun dilakukan. Padahal hitu jelas-jelas dilarang oleh agama.
  6. Tidak mensyukuri karunia Allah. Boleh saja mempercantik penampilan dalam rangka menjaga apa yang sudha Allah anugerahkan, tetapi jika berlebihan sampai menimbulkan kekecewaan ketika make-up yang dikenakan tidak sesuai sampai akhirnya mengeluh. Yang harus diwaspadai adalah kufur akan karunia Allah. Bagaimanapun, wanita diciptakan dengan keunikan dan keindahan dalam sesempurnanya penciptaan.
  7. Wajah Rusak. Memekai make-up dalam jangka waktu panjang atau penggunaan kosmetik dengan zat-zat berbahaya dapat merusak kesehatan. Mungkin hasil cantik dapat diperoleh, tapi itu hanya sesaat. Pada akhirnya, justru akan merusak.

Memakai make up dalam Islam memang tidak sepenuhnya dilarang. Namun, harus tetap memperhatikan aturan syari’at. Ada baiknya wanita tampil cantik di depan orang yang memang berhak melihatnya. Tampil cantik apa adanya jauh lebih baik daripada bepoles make-up berlebihan.

 

Advertisements