Netizen Imbau Warga Amerika Bawa Scraft, Untuk Apa?

Advertisements

scraft  - Netizen Imbau Warga Amerika Bawa Scraft, Untuk Apa? - scraft-300x225INSPIRADATA. Donald Trump kini terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Kemenangan Trump memberikan pengaruh yang siginifikan terhadap masyarakat AS. Kampanye ‘Anti Muslim’ yang pernah diserukannya membuat masyarakat khawatir akan kelangsungan hidup mereka di tanah Amerika. Fakta adanya peningkatan terhadap kasus rasisme dan diskriminasi di tempat umum yang menyerang masyarakat muslim setelah pemilu juga semakin menambah runcing islamophobia di sana.

Beberapa netizen pun berkomentar di akun media sosial mereka. Bahkan sebagian di antaranya menyerukan untuk membawa scarf di dalam tas saat berpergian. Tujuannya bukan untuk dipakai sendiri tapi membantu wanita ber yang mengalami tindak diskriminasi ketika berada muka publik. Kasus yang terjadi seperti penarikan jilbab yang dilakukan seseorang kepada wanita muslim.

Advertisements

Dikutip dari Daily Dot, salah satu penyerunya datang dari pemilik akun Tumblr, @theroomwhereitswritten. Ia menuliskan bahwa perlunya kesadaran masyarakat untuk membantu sesama. Dengan membawa scarf dalam tas masing-masing maka bisa membantu wanita berhijab yang ‘diserang’ saat di berada di tempat umum.

“Kita harus melindungi wanita berhijab! Jika kamu melihat kebencian seperti ini, bantu mereka menutupi rambut mereka, dan lakukanlah tindakan verbal seperti menendang orang yang melakukan kejahatan itu,” Dan di akhir dia menulis,”Love not hate.”

Imbauan lainnya datang dari akun Tumblr @thatvegancosplayer yang mengatakan bahwa ia beberapakali membawa scarf warna hitam untuk kostum cosplay. Namun melihat lonjakan rasis yang terjadi saat ini, ia mengaku selalu memasukkan scarf tersebut ke dalam tas untuk berjaga-jaga bila melihat kejahatan kebencian di jalan.

Ada pula seorang wanita keturunan Vietnam yang tinggal di Boston dengan akun Twitter @ohleevieah menyebutkan bahwa membawa ekstra scarf dalam tas bisa membantu teman Anda yang berhijab bila mengalami penyerangan Islamophobia saat berjalan ke luar rumah.

Pemilik akun Twitter lainnya @jinxyreads juga kini mengaku sering membawa scarf walaupun ia pria setelah membaca banyaknya diskriminasi terhadap wanita berhijab. “ postingan di Tumblr tentang apa yang seharusnya dilakukan terhadap kasus penarikan hijab seseorang telah membuat saya berpikir saya harusnya membawa scraft.” tulisnya.[]

Advertisements