Pengaruh Internet Bagi Anak, Serta Antisipasinya

Advertisements
-dampak buruk dari kecanduan internet bagi Anak 300x225  - Pengaruh Internet Bagi Anak, Serta Antisipasinya - dampak-buruk-dari-kecanduan-internet-bagi-Anak-300x225
foto: everypoin.wordpress

Inspiradata. Ada ribuan fungsi dan pengaruh yang disuguhkan internet, menjadi hal yang sangat membantu atau bahkan merugikan bagi kehidupan manusia di era modern ini. Tak mengenal jenjang dan umur, internet bagai suatu kebutuhan yang tak bisa dipisahkan demi tercapainya suatu tujuan.

Pun begitu, anak-anak mendapat pengaruh dari internet, baik positif maupun negatif. Hampir semua bidang bersinggungan dengan internet, baik itu pendidikan, komunikasi dan sebagainya.
Inilah beberapa dampak positif internet bagi anak-anak:
• Dengan internet pikiran anak menjadi terbuka
• Kreativitas anak bisa tumbuh dengan adanya internet
• Koordinasi antara mata, otak, dan tangan menjadi baik apabila anak duduk di depan komputer
• Anak bisa mengasah kemampuan verbal dan non verbal
• Anak juga bisa diajarkan berpikir logis dengan adanya internet
• Anak bisa berfikir secara kritis dan spontan.

Advertisements

Meski banyak manfaat yang anak dapatkan dari internet, tetapi menjadi suatu kewajiban bagi para orang tua untuk terus memantau dan membatasi hubungan anak dengan internet. Dengan beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari internet itu sendiri,
• Karena internet, anak akan mengesampingkan kehidupan sosialnya, dengan adanya internet, maka anak akan lebih asyik dengan internet daripada berinteraksi dengan sekitarnya.
• Konten-konten negatif bisa mereka dapatkan secara mudah, seperti halnya video-video yang tak layak disaksikan anak di bawah umur.
• Banyak teman-teman di dunia maya yang memberikan dampak buruk dan mempengaruhi sikap negatif pada anak.
• Dengan internet anak tidak dapat membedakan mana hal yang real dan mana yang tidak real.

Nah, Dengan demikian orang tua harus cermat dalam mengawasi hubungan anak dengan internet, tentunya dengan pemahaman kita sebagai orang tua mengenai internet. karena bisa saja internet menjadi bumerang bagi perkembangan anak-anak. Banyak hal yang harus kita lakukan untuk mengawasi anak anak agar terhindar dari dampak buruk internet.

Dengan keilmuan kita sebagai orang tua mengenai internet, seyogianya kita sering memantau anak dan mengawasi penggunaannya, memberitahu anak kita akan bahaya dan dampak negatif internet, menjadi teman dan sahabat ketika anak sedang menggunakan internet. []

Sumber: Teknopoin

Advertisements