Resep Panjang Umur Ala Orang Okinawa Salah Satunya Ubi Jalar?

foto: akikowhalenphotography.com

INSPIRADATA. Okinawa adalah sebuah daerah di bagian selatan Jepang. Penduduknya  secara tradisional memiliki rentang hidup terpanjang di dunia. Apa resep mereka?

Beberapa makanan berikut mungkin bisa jadi bocoran jawababnya. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut inilah makanan yang dikenal sebagai dietnya orang Okinawa:

Kedelai

foto: riyantose.com

Diet Okinawa tradisional termasuk kedelai dalam bentuk pasta miso dan tahu. Kedelai adalah sumber protein nabati, dan menyediakan sebagian besar protein dalam diet Okinawa. Kedelai juga mengandung phytochemical yang disebut flavonoid dan phytoestrogen, yang mungkin mampu meningkatkan kesehatan.

Ubi jalar

foto: kedaulatan pangan

Di masa lalu, orang Okinawa makan ubi jalar. Hal yang terbaik adalah bahwa ubi jalar itu padat nutrisi dan kaya akan vitamin A dan C, kalsium dan potasium. Tinggi serat dan mengandung vitamin E. Beras, khususnya beras putih, lebih mahal dan menjadi semacam  simbol status karena hanya dikonsumsi oleh orang-orang kaya. Maka, mereka banyak mengkonsumsi ubi jalar sebagai penggantinya.

Melon pahit

foto: stlye craze

Bitter melon adalah labu yang juga dikenal sebagai goya, goo-fa atau ku gua. Ini digunakan dalam salad, makanan tumis dan dapat dibuat menjadi jus atau teh. Memiliki kandungan serat dan vitamin C yang tinggi, ditambah memiliki beberapa phytochemical yang bermanfaat.

 

Jamur shiitake

foto: hello sehat

Jamur ini ditemukan di banyak jenis masakan Asia. Mereka bergizi, dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta membantu mengatur kolesterol.

 

 

Rumput laut

foto: rebecca katz

Kombu, hijiki, dan Mozuku adalah rumput laut yang biasa digunakan di Okinawa. Mereka sering disajikan dengan mie, dalam salad, diaduk-kentang goreng, dan dengan sayuran. Rumput laut tinggi yodium, folat, kalsium, zat besi, magnesium dan astaxanthin.

 

Rempah-rempah

foto: TUB GIT

Beberapa bumbu yang digunakan dalam diet ini memiliki potensi untuk manfaat kesehatan dan menambah rasa tanpa menambahkan kalori. Mereka termasuk kunyit, mugwort, paprika Okinawa, dan biji adas.[]

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.