Sambal Mancanegara Ini, Bikin Mata Anda Melotot, Mantap!

Advertisements

2014_0629_13251300-2  - Sambal Mancanegara Ini, Bikin Mata Anda Melotot, Mantap! - 2014_0629_13251300-2-300x225INSPIRADATA. Pada umumnya, lidah kebanyakan orang Indonesia menyukai rasa pedas. Rasa pedas dengan tambahan rasa lain seperti asin, manis dan gurih, adalah idaman lidah-lidah pecinta kuliner. Mulai dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai jenis sambal khasnya sendiri.

Ternyata, tidak hanya Indonesia loh, yang punya sambal. Di luar negeri pun terdapat aneka jenis sambal yang bisa menggugah lidah para netizen sebagai teman santapan makan Anda. Dilansir, eatitatlanta.com, Kamis (27/10/2016),Yuk, cek aneka sambal manca negara yang bisa buat mata kamu melotot, mantap!

1. Gochujang
Saus sambal berwarna merah cerah ini diketahui berasal dari Korea Selatan. Memiliki cita rasa manis pedas yang menyengat, saus ini berbahan cabai merah, beras ketan, serta fermentasi kedelai. Selain sebagai pelengkap, gochujang juga digunakan untuk bumbu beberapa makanan seperti tumisan atau sup.

2. Tabasco
Saus cabai yang satu ini dibuat dari cuka, cabai jenis capsicum frutescens var, tabasco, dan garam. Sebelum dikemas, saus ini disimpan selama 3 tahun di dalam tong yang dibuat dari kayu ek putih. Dengan demikian saus ini memperoleh rasa dan aromanya yang unik. Saus ini memiliki cita rasa pedas sedikit asam. Saus ini diproduksi di Amerika Serikat, tetapi namanya berasal dari nama negara bagian Tabasco di Meksiko.

Advertisements

3. Sriracha
Sriracha merupakan sambal fermentasi asal Thailand. Bahannya adalah cabai, bawang putih, cuka, garam, dan gula. Sambal ini berbentuk saus kental. Cita rasanya pedas dan asam dengan aroma bawang putih yang kuat.

4. Piri-piri
Piri-Piri atau Peri-Peri adalah saus khas Afrika Selatan yang sudah diadopsi oleh orang Portugis. Sambal ini terbuat dari cabai piri-piri (cabai rawit Afrika), kulit jeruk, paprika, daun bay, taragon, oregano, dan jus lemon.

5. Salsa
Sambal Meksiko ini diketahui memiliki cita rasa asam pedas hingga sangat pedas. Sambal ini disajikan dalam dua bentuk, yang pertama digiling halus menjadi saus. Serta dapat pula dipotong-potong dan dicampur dengan bahan lain seperti tomat hijau, jagung pipil, serta bawang bombay.

6. Chili Oil
Chili oil sangat populer di Jepang dan China. Sambal ini terbuat dari cabai kering atau cabai segar yang digiling dan dicampur dengan minyak. Jika di China sambal ini menggunakan lada Sichuan sebagai campuran, sedangkan versi Jepang menggunakan bawang putih dan jahe.

7.Makan makanan jepang seperti sushi dan sashimi, selalu disajikan dengan sambal satu ini. Wasabi punya cita rasa yang unik. Begitu menyentuh lidah, kayaknya ada sedikit ‘ledakan’ yang langsung menghangatkan mulut dan disertai sedikit rasa manis. Tapi sambal yang berbentuk pasta hijau muda tersebut, bukan berasal dari cabai seperti sambal pada umumnya melainkan dari tanaman wasabi yang sekeluarga dengan tanaman brokoli dan kubis.

8. Jalapeno
Di antara berbagai jenis sambal di Meksiko, Jalapeno merupakan sambal yang paling populer. Sambal jalapeno berasal dari cabai hijau jalapeno. cara penyajian sambal ini bermacam- macam, ada yang dikemas dalam bentuk bubuk, saus atau dipotong-potong. Jalapeno termasuk dalam kategori sambal yang tingkatan rasa pedasnya sedang.

Advertisements