Sebelum Menikah, Pastikan 9 Hal Ini Telah Anda Pahami

Advertisements

Belajar Menjaga Perasaan, dari Fatimah Azzahra dan Ali bin Abi Thalib -menikah 300x225  - Sebelum Menikah, Pastikan 9 Hal Ini Telah Anda Pahami - menikah-300x225

INSPIRADATA. Memasuki usia duapuluhan, keinginan untuk menikah akan mulai menghampiri Anda. Entah karena Anda sering mendapat undangan pernikahan dari teman lama, atau mungkin karena banyak teman di kampus dan kantor yang memang sudah menikah. 

Namun ada yang perlu diingat, menikah bukanlah perkara sepele yang bersifat main-main. Sebelum menikah anda perlu memahami hal-hal berikut ini:

1. Mau menerima masa lalu pasangan

Setiap orang pasti memiliki masa lalu dan pengalaman hidup masing-masing. Sebagai orang dewasa Anda harus dengan lapang dada menerima masa lalu pasangan Anda. Karena pasangan Anda bisa menjadi seperti saat ini juga karena pelajaran yang didapat dari masa lalu.
2. Berbagi tugas

Yang namanya suami istri, nantinya kalian akan tinggal bersama. Ada yang bilang bahwa menikah itu enak karena bisa melakukan segala sesuatu bersama, saling membantu dan berbagi. Nah, tapi pertanyaannya sudahkah Anda siap? Istri mengurus suami dan rumah, sedangkan sang suami harus menafkahi istrinya. Siapkah Anda untuk berbagi tugas yang sesungguhnya?

3. Menerima keluarga pasangan

Menikah bukan hanya perkara memiliki pasangan yang sah, tapi juga menerima keluarganya. Latar belakang keluarga tentu akan sangat berpengaruh dengan hubungan Anda dengan pasangan.

4. Waktu yang harus dibagi

Setelah menikah, Anda sudah tidak bisa seenaknya melakukan hal-hal yang Anda senangi. Pulang kantor yang biasanya Anda habiskan untuk berkumpul bersama teman-teman pun akan berganti dengan langsung pulang ke rumah untuk bertemu istri atau suami.

Advertisements

5. Bukan lagi persoalan aku melainkan kita

Dalam diri masing-masing manusia tentu memiliki ego dan pemikiran sendiri. Namun, setelah menikah yang harus Anda pikirkan bukan lagi seputar diri sendiri melainkan Anda dan pasangan.

6. Kebutuhan yang semakin banyak

Ketika masih sendiri, Anda selalu menghabiskan sendiri uang gaji Anda. Jangan berpikir Anda masih bisa melakukannya setelah menikah. Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga agar tidak kelabakan setiap harinya. Anda pun akan memiliki prioritas untuk apa dana tersebut diarahkan.

7. Siap punya anak

Setelah menikah mungkin pertanyaan yang akan sering Anda dengar dari orang-orang adalah soal momongan. Maka, siapkah Anda jika langsung dapat momongan. Bagaimana Anda akan mendidik anak-anak Anak-anak kelak?

8. Berkurangnya moment bersama sahabat dan orangtua

Setelah menikah memang fokus hidup Anda secara tidak langsung hanya kepada pasangan saja. Bagaimana keluarga kecil Anda ini akan bertahan dari badai kehidupan dan sebagainya. Sehingga momen bersama sahabat maupun orangtua semakin lama akan semakin berkurang. Apalagi jika Anda sudah tinggal terpisah dengan orangtua, bahkan mengunjungi mereka akan tidak semudah yang Anda bayangkan sebelumnya.

9. Masalah di luar ekspektasi

Anda harus siap menghadapi keadaan tak terduga yang akan muncul dalam keluarga Anda. Ibarat kapal, Anda dan pasangan akan mengalami guncangan atau hantaman ombak. []

 

Sumber: brilio.net

Advertisements