Sebelum Meninggal, Para Lansia Cina Pilih ‘Mati Duluan’

Foto: CBS New York – CBS Local

INSPIRADATA. Bunuh diri di kalangan lansia Cina saat ini jumlahnya terus meningkat. Mereka memilih untuk mengakhiri hidupnya sebelum ajalnya tiba akibat sebuah peraturan baru yang dibuat pemerintah Cina.

Peraturan baru ini melarang penguburan dengan menggunakan peti mulai 1 Juni 2014, di kota Anqing di provinsi Anhui, Cina.

Menurut laporan surat kabar China Morning Post,  di tahun 2013 misalnya, hanya dalam dua pekan saja, telah terjadi aksi bunuh diri yang dilakukan oleh enam orang berusia lanjut di desa-desa di sekitar Anqing.

Dalam tradisi Cina, sebagai bentuk pemujaan kepada leluhur, masyarakat Tionghoa sengaja membangun makam bagi anggota keluarga, yang bisa menghabiskan waktu satu dekade hanya untuk mempersiapkan peti mati saja.

Untuk mengatasi hal itu, pemerintah mempunyai pandangan, bahwa kremasi dapat menjadi cara untuk menghemat keterbatasan ruang untuk penguburan.

Wilayah Anqing adalah salah satu dari dua kota di provinsi ini yang masih memungkinkan penguburan dengan tradisi peti mati. []

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.