Siapa Pengganti Alfred Riedl?

Advertisements
- Siapa Pengganti Alfred Riedl? - Alfred-Riedl-Pelatih-Timnas-Indonesia
Foto: Pandit Football Indonesia

INSPIRADATA. Kembalinya Alfred Reidl ke tampuk pelatih timnas Indonesia, belum mampu memupus dahaga akan raihan gelar bergengsi. Hingga isu seputar pergantian pelatih, kini kembali mencuat. Siapa pengganti Alfred Riedl?

Advertisements

Letnan Jendral (Letjen) Edy Rahmayadi, Ketum PSSi, mengatakan penerus Riedl sebaiknya berlatar belakang atau pernah melatih di luar negeri. “Ia harus berkualitas,” kata Edy, Selasa (27/12/2016).

Pernyataan Edy tersebut, sesuai dengan harapan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri, dimana tolok ukur calon pelatih timnas sepak bola Indonesia harus dari luar negeri dan berkualitas.

Edy mengatakan pelatih asing harus berasal dari negara-negara yang terbukti paling maju sepak bolanya.

Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu menilai sepak bola dan pelatih di La Liga Spanyol, cocok untuk membangkitan timnas Merah Putih.

“Saat ini kita berbicara kualitas. Kita melihat Spanyol sebagai negara sepak bola yang berkualitas. Kira-kira patokan kita ke sana (La Liga),” lanjut Edy.

Namun, Edy mengatakan pelatihan asal Liga Spanyol saja tak cukup meyakinkan PSSI. Jenderal bintang tiga itu menambahkan pelatih tersebut, minimal pernah membesut timnas di lima negara.

“Salah satunya (timnas yang pernah dilatih tersebut) harus dari Asia. Salah satunya juga pernah juara,” ujarnya.

Selanjutnya Edy mengungkapkan ada 10 nama pelatih sedang dalam bidikan PSSI, yang enam diantaranya pelatih asing.

Keputusan tentang siapa akhirnya yang membesut timnas senior, akan diumumkan dalam Kongres PSSI Januari 2017 mendatang. [Abdillah/Inspiradata]

 

Advertisements