Studi: Mereka yang Peduli Pada Sesama Biasanya Panjang Umur

Advertisements
-Orang Tua Nenek Kakek 300x225  - Studi: Mereka yang Peduli Pada Sesama Biasanya Panjang Umur - Orang-Tua-Nenek-Kakek-300x225
Foto: Google Image

INSPIRADATA. Tolong menolong dalam budaya dan adat istiadat orang Indonesia, bagai sayur tanpa garam. Ia tak terpisahkan. Bahkan dalam sebuah penelitian, Indonesia masuk dalam daftar negara-negara paling dermawan. Wow.

Bahkan, berdasarkan sebuah studi, orang-orang yang sering menolong sesama umurnya lebih panjang. Dalam penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Evolution and Human Behavior seperti dilansir Time, ditemukan fakta bahwa orang-orang yang peduli dengan sesamanya bisa hidup lebih lama dibanding yang tidak.

Advertisements

Dari data lebih dari 500 orang berusia 70 hingga 100 tahun. Partisipan penelitian ini dilihat perkembangannya selama 20 tahun. Diketahui bahwa para kakek nenek yang merawat cucunya dan orang lanjut usia yang membantu anak-anaknya, cenderung hidup lebih lama sepuluh tahun setelah dimulainya studi ini. Sementara itu, partisipan yang tidak merawat siapa pun, setengahnya meninggal dunia lima tahun setelah studi dimulai.

Di luar keluarga, para orang tua yang peduli dengan sesama dan membantu mereka–meskipun tidak ada hubungan darah–bisa hidup lebih lama 7 tahun.

“Pola ini menunjukkan bahwa ada kaitan antara menolong orang dengan panjang umur,” kata para peneliti dalam studinya. Dari hasil tersebut juga diketahui bahwa mereka yang senang membantu sesama, fungsi kognitifnya lebih baik. Tingkat stresnya juga lebih rendah.

Para peneliti yakin, emosi positif dari orang-orang yang mereka bantu bisa menghalangi efek negative seperti stres. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk lebih memahami mekanisme hubungan antara membantu orang dengan kesehatan. []

Advertisements