Tendangan Kung Fu Cantona

Foto: Daily Mail

INSPIRADATA. Kalau Anda penggemar berat Manchester Devils, Anda tentu tahu Eric Cantona. Dan jika Anda tahu Cantona, Anda juga pasti akan selalu ingat dengan satu peristiwa besar tentangnya, yaitu tendangan kungfu-nya. 

Éric Daniel Pierre Cantona atau lebih dikenal dengan Eric Cantona merupakan salah satu legenda Setan Merah. Pemain kelahiran 24 Mei 1966 yang memiliki kebangsaan Prancis ini memperkuat Manchester United pada era 1992 sampai 1997 dan menorehkan 64 gol dari total 143 penampilannya.

Bersama klub ini, Cantona merasakan 4 kali Juara Premier League dan 2 kali Juara Piala FA. Dengan prestasinya yang gemilang di klub tersebut, tentu saja Cantona mendapatkan tempat khusus di hati para fans United.

Pada tahun 1995 MU bertandang ke Selhurst Park, kandang Crystal Palace. Pada saat itu kedudukan masih imbang 0-0 ketika pada menit ke 48 Cantona melakukan pelanggaran saat menendang defender Crystal Palace, Richard Shaw.

Akibat perbuatannya ini, Cantona mendapatkan kartu merah dari wasit. Tak puas dengan keputusan ini, para pemain United pun melakukan protes kepada wasit.

Di tengah-tengah kericuhan yang terjadi, Cantona yang berdiri di pinggir lapangan tiba-tiba melakukan tendangan kungfu ke arah fans Palace, Matthew Simons. Cantona yang memang dikenal temperamental saat itu tidak bisa menahan kesabarannya saat Simons terus-terusan mengejek dan memprovokasinya.

Atas tindakannya ini Cantona dikenai sanksi larangan bertanding selama 8 bulan atau sampai musim 1994/1995 berakhir. Dia pun harus menjalani kerja sosial selama 120 jam plus denda 10 ribu pounds.

Adapun Simmons, dikurung selama satu hari penuh, denda 500 pounds, dan larangan menonton pertandingan di Inggris dan Wales selama setahun. Laga antara United dengan Crystal Palace berakhir imbang 1-1. Ketiadaan Cantona akibat skorsing berpengaruh signifikan kepada performa United. Red Devils pun akhirnya gagal mempertahankan gelar Premier League lantaran kalah satu poin dari Blackburn Rovers.

Dengan dukungan berbagai pihak, terutama pelatih MU, Sir Alex Ferguson, Cantona akhirnya sukses melakukan comeback dan membawa MU kembali menjuarai EPL dan piala FA. Tidak hanya itu, Cantona pun ditunjuk oleh Fergie untuk menjadi kapten di MU. Hal yang mengejutkan terjadi ketika Cantona akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 1997, tak lama setelah MU dikukuhkan sebagai juara premier League. []

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.