Terjadi Bencana, Ini yang Harus Dilakukan

Advertisements

bencana-musibah 300x225  - Terjadi Bencana, Ini yang Harus Dilakukan - musibah-300x225INSPIRADATA. Bencana kini tengah melanda negeri tercinta kita. Dimana salah satu daerah di negeri ini mengalami guncangan yang cukup dahsyat. Kerusakan melanda tempat itu. Hingga, banyak orang yang harus rela meninggalkan tempat tinggalnya untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan diri.

Kita memang tidak merasakan kesusahan yang mereka hadapi akibat bencana yang menimpanya. Tetapi, ada yang harus kita lakukan demi mereka. Apakah itu?

Salah satu cara yang harus kita lakukan ialah menolong saudara kita yang terkena bencana. Hal inilah yang dianjurkan oleh Rasulullah ﷺ. Beliau bersabda, “Barangsiapa menolong saudaranya, maka Allah akan selalu menolongnya,” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam Al Mazholim dan Al Ghodhob no. 2262 dan no. 4677 dengan lafazh yang disepakati oleh keduanya).

READ  Ginella Massa, Pembaca Berita Berhijab Pertama di Kanada
Advertisements

Rasulullah ﷺ juga bersabda, “Barangsiapa yang membebaskan satu kesusahan seorang mukmin dari kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah akan melepaskannya dari satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan akhirat. Barangsiapa memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan, maka Allah akan memudahkan dia di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah akan selalu menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya,” (Diriwayatkan oleh Muslim dalam Adz Dzikr, Ad Du’aa dan At Taubah no. 4867 dan At Tirmidzi dalam Al Birr wash Shilah no. 1853).

Menolong saudara kita yang terkena bencana merupakan suatu keharusan. Kita bisa menolongnya dengan berbagai macam cara. Bisa dengan materi, tenaga atau pun doa. Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak pernah memberatkan kita dalam berbuat kebaikan. Apapun yang kita berikan, amat berarti bagi mereka.

READ  Kita, Bak Lampu Minyak

Janganlah kita merasa rugi dengan membantu sesama. Materi, tenaga dan doa yang kita panjatkan pada mereka tidak akan sia-sia. Mengapa? Sebab, Allah melihat usaha kita untuk membantu orang lain. Dengan begitu, insyaAllah, Allah pun akan membantu masalah kita. []

(Visited 1 times, 1 visits today)
Advertisements