Ternyata Inilah Alasan Tangan Anda Terasa Dingin Terus

Advertisements

INSPIRADATA. Pernahkah Anda memegang tangan seseorang dan terasa dingin? Padahal kalian sedang berada di ruangan yang bersuhu hangat? Ternyata ada beberapa alasan mengapa suhu tubuh seseorang memang lebih rendah dari kebanyakan orang. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Berapa suhu tubuh yang normal?

Untuk mengetahui apakah suhu tubuh Anda termasuk rendah atau tinggi, Anda perlu memahami suhu normal tubuh dalam keadaan sehat. Suhu tubuh biasanya diukur dengan termometer lewat mulut, ketiak, atau anus. Jika Anda tidak sedang sakit, demam, kedinginan, atau habis berolahraga, suhu normal tubuh adalah 37 derajat Celsius. Namun, perlu diingat bahwa suhu tubuh Anda akan berubah-ubah terus sepanjang hari.

Pada pagi dan siang hari, biasanya Anda akan mengalami peningkatan suhu tubuh sebanyak kira-kira 0,6 derajat Celsius. Kemudian di sore dan malam hari saat Anda tidur, suhu tubuh Anda akan menurun hingga mencapai 35 derajat Celsius.

Apa artinya kalau tangan dingin terus?

Beberapa orang memang memiliki suhu tubuh rendah atau kurang dari 37 derajat Celsius setiap harinya. Inilah yang menyebabkan kulit dan tangan dingin secara konsisten. Orang lain pun bisa menyadarinya ketika bersentuhan dengan Anda. Orang dengan suhu tubuh rendah juga mungkin akan lebih mudah merasa kedinginan. Jika Anda mengalami ciri-ciri tersebut, Anda berisiko mengalami salah satu dari beberapa kondisi kesehatan berikut ini.

READ  Mengapa Jantung Berdebar Saat Bertemu Orang Terkasih?

1. Gangguan metabolisme
Metabolisme adalah sistem yang mengatur bagaimana zat-zat dalam tubuh diubah menjadi sumber energi atau dibuang. Suhu tubuh merupakan salah satu fungsi metabolisme yang bisa Anda rasakan secara langsung. Panas tubuh adalah wujud energi. Jadi, kalau suhu tubuh Anda rendah, itu berarti ada gangguan dalam proses perubahan energi yang seharusnya dilakukan oleh tubuh.

Gangguan metabolisme bisa dipicu oleh beberapa hal, misalnya kurang aktivitas fisik, pola makan tidak sehat, atau kondisi seperti obesitas. Perhatikan jika Anda mengalami gejala selain suhu tubuh rendah misalnya pusing, mual, dan muntah. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter atau fasilitas kesehatan.

2. Gangguan hormon
Berbagai gangguan hormon bisa menyebabkan suhu tubuh rendah. Anggota tubuh yang bertanggung jawab untuk mengatur dan memproduksi hormon adalah kelenjar tiroid yang terletak di leher, kelenjar pituitari di otak, dan kelenjar adrenal di atas ginjal.

READ  Ternyata Teh Basi Berkhasiat Juga Lho
Advertisements

Jika organ-organ tubuh tersebut mengalami gangguan dan tidak bisa memproduksi hormon secara normal, suhu tubuh Anda akan menurun. Itulah mengapa suhu tubuh biasanya menjadi hal pertama yang diperiksa dokter untuk mengecek apakah Anda mengalami masalah hormon.

3. Gangguan sistem saraf
Suhu tubuh Anda diatur oleh bagian otak yang disebut hipotalamus. Hipotalamus berperan sangat penting sebagai sistem saraf. Jika bagian otak tersebut mengalami kerusakan jaringan, saraf, atau sel, tubuh pun akan kehilangan kendali terhadap pengaturan suhu normal.

Berbagai kondisi yang bisa menyebabkan gangguan sistem saraf tersebut adalah trauma pada kepala, aneurisma otak, stroke, multiple sclerosis, dan penyakit Parkinson. Maka, jika selain tangan dingin Anda juga mengalami gejala lain seperti hilang kesadaran, sakit kepala, lemas, atau mual, sebaiknya segera berkonsultasi dengan tenaga medis.

READ  Tips Mengatasi Pegal Tanpa Bunyi 'Krek'

4. Diabetes
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Diabetes Association, suhu tubuh rendah bisa jadi salah satu gejala dan tanda diabetes. Hormon insulin yang berfungsi untuk menyerap gula dalam tubuh mampu meningkatkan suhu tubuh.

Jika tubuh Anda tidak memproduksi cukup insulin, suhu tubuh Anda bisa menurun. Kondisi seperti resistensi insulin juga bisa menyebabkan suhu tubuh rendah dan tangan dingin. Gangguan pada insulin adalah tanda dan gejala penyakit diabetes.

5. Penyakit jantung
Jika aliran darah Anda terhambat, suhu tubuh Anda akan menurun. Berbagai kondisi seperti darah menggumpal, penumpukan plak pada arteri, tekanan darah tinggi, dan pembuluh darah menyempit adalah beberapa contoh faktor pemicu penyakit jantung.

Faktor-faktor tersebut menunjukkan gangguan pada aliran darah sehingga Anda akan mengalami suhu tubuh rendah. Maka, hati-hati jika tangan dingin disertai dengan debaran jantung tidak wajar, sakit di dada (angina), aritmia, atau badan lemas.[]

Sumber: https://hellosehat.com

(Visited 8 times, 1 visits today)
Advertisements