Tinggal Dekat Jalan Raya Ternyata Rentan Demensia

Advertisements
- Tinggal Dekat Jalan Raya Ternyata Rentan Demensia - demensia-lalu-lintas-300x168
Foto: BBC

INSPIRADATA. Bagi Anda yang tinggal dekat jalan raya patut waspada.Pasalnya, menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa mereka yang tinggal dekat jalan raya memiliki risiko lebih tinggi terkena demensia.

Advertisements

Demensia adalah suatu kondisi yang membuat kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran, sebut penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, The Lancet.

Dikutip dari BBC, dalam kajian itu disebutkan sekitar 10 persen kasus-kasus demensia menyerang orang-orang yang tinggal dalam radius 50 meter dari jalan raya. Hal ini disebabkan oleh bisingnya arus lalu lintas.

Para ilmuwan, yang melakukan penelitian terhadap hampir dua juta orang di Kanada selama 11 tahun, mengatakan polusi udara atau kebisingan lalu lintas bisa berkontribusi terhadap penurunan kemampuan otak.

Para ahli demensia di Inggris mengatakan perlu penyelidikan lebih lanjut atas temuan tersebut, namun mereka menyebutkan penelitian ini “pasti masuk akal.”

Hampir 50 juta orang di seluruh dunia terkena demensia.

Prof Tom Dening, direktur Pusat Demensia di Universitas Nottingham, mengatakan temuan itu “menarik dan provokatif.”

Ia mengatakan, “Masuk akal jika polusi udara dari asap knalpot motor berkontribusi terhadap patologi otak yang dari waktu ke waktu dapat meningkatkan risiko demensia. Ini bisa menjadi bukti dan akan menambah kegelisahan orang-orang yang tinggal di wilayah di mana konsentrasi lalu lintasnya tinggi.” []

Advertisements