Unggah Foto Anak di Sosmed Bisa Bahaya, Ini Larangannya…

Advertisements

foto-anak-bayi -foto anak bayi 300x225  - Unggah Foto Anak di Sosmed Bisa Bahaya, Ini Larangannya… - foto-anak-bayi-300x225INSPIRADATA. Foto memang bisa menjadi sarana pengungkapan ekspresi seseorang. Apalagi di era digital seperti sekarang. Banyak orang tua yang mengunggah foto anak mereka di media sosial sebagai bentuk kebahagiaan dan kebanggaannya. Tidak sedikit anak yang bahkan menjadi idola karena ekspresi dan tingkah lucu mereka yang menggemaskan. Fenomena ini juga bisa dilihat dari banyaknya akun anak selebriti yang memiliki ribuan followers di Instagram.

Sayangnya, dibalik hingar-bingar sosial media, sedikit sekali orang tua yang memiliki kesadaran akan dampak dari unggahan foto tersebut. Ketika para orangtua ini mulai ketagihan untuk mengumbar foto anak-anak mereka ke media sosial, tanpa disadari, sebenarnya bahaya besar sedang mengancam.

Orang tua perlu bersikap lebih hati-hati dalam penggunaan media sosial, apalagi yang berkaitan dengan diri dan keluarga. Dirangkum dari berbagai media, inlah larangan yang perlu diperhatikan para orang tua jika ingin terhindar dari bahaya ketika mengunggah foto anak ke media sosial:

Advertisements
  1. Jangan memperjelas lokasi foto ketika mengunggah gambar anak-anak.
  2. Jangan mengunggah foto yang mengungkap hobi dan minat anak-anak.
  3. Hapus foto yang mungandung informasi resmi tentang anak-anak kita.
  4. Jangan mengunggah foto anak-anak dekat dengan mobil atau benda berbahaya lainnya.
  5. Jangan pernah mem-posting foto anak kita telanjang atau setengan telanjang. Tak peduli seberapapun lucu dan imutnya mereka.
  6. Jangan mem-posting foto yang suatu hari nanti bisa membuat anak kita merasa malu.
  7. Hindari mengunggah foto anak-anak kita bersama anak-anak lainnya.

Selalu ingat bahwa ketika kita mengunggah gambar anak kita ke media sosial, akan ada banyak pasang mata yang melihatnya. Kamu harus tahu bahwa sesuatu yang kita unggah di media sosial tak lagi menjadi milik kita sendiri, dan bisa digunakan oleh orang-orang yang memiliki niat jahat. Maka, sebelum mengunggah foto anak, orang tua perlu berhati-hati dan senantiasa memikirkan keselamatan anak.[]

Advertisements