Tak Disangka, Wanita Berhijab Ini Seorang Penjinak Bom

Advertisements
- Tak Disangka, Wanita Berhijab Ini Seorang Penjinak Bom - rafia-penjinak-bom-pakistan-300x225
foto: Behtareen

INSPIRADATA. Rafia Qaseem Baig, Wanita 29 tahun bergelar Master di bidang Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Ekonomi ini memilih pekerjaan yang tak lazim bagi kaum Hawa.

Advertisements

Karena kualifikasi akademik yang dimilikinya, Rafia mendapat tawaran pekerjaan dari sejumlah perusahaan dan organisasi non-pemerintah. Bukannya bekerja di belakang meja atau jadi staf kantor bergaji tinggi, Rafia justru memilih menjadi seorang penjinak bom.

Dilansir dari parhlo.com, Dia bergabung menjadi anggota polisi di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di saat kelompok ekstrimis menargetkan serangan ke petugas keamanan.

Dia bergabung tujuh tahun lalu dan merupakan wanita pertama yang menjadi anggota tim penjinak bom. Pekerjaan yang butuh nyali besar karena nyawa yang jadi taruhannya.

“Polisi bukan sekadar profesi. Ini adalah semangat dan inspirasi bagi mereka yang punya semangat membela negara,” kata Rafia.

Saat ini, Rafia tengah menyelesaikan pelatihan dasar penanganan bom selama 15 hari bersama 31 anggota polisi pria lainnya di Nowshera’s School of Explosive Handling. Dia akan bertugas di Bomb Disposal Unit (BDU) Kepolisian Pakistan.

Dulu ia memiliki pengalaman yang sangat menyedihkan, nyawanya hampir hilang akibat ledakan tidak jauh dari posisinya berdiri. Saat itu, dia bekerja sebagai relawan di Komite Internasional Penyelamatan.[]

Advertisements