Unik, Informatif , Inspiratif

10 Alat Transportasi Unik di Berbagai Negara (1)

0

Alat transportasi merupakan sarana yang menunjang kehidupan masyarakat. Alat transportasi ini sangat bermanfaat dalam menghubungkan dan mempersingkat jarak dan waktu.

Alat transportasi memiliki banyak ragam. Di darat ada kendaraan beroda, mulai dari roda dua, roda tiga, roda empat, hingga kendaraan berat beroda lebih dari empat. Di udara ada pesawat terbang dan helikopter. Di laut, ada perahu hingga kapal laut.

Alat transportasi juga punya ragam yang unik di berbagai negara. Seperti apa?

Berikut ini 10 transportasi unik dari berbagai negara:

alat transportasi, 10 Alat Transportasi Unik di Berbagai Negara (1)
Foto: We Love Cycling
1 of 5

Beer Bike

Kendaraan ini memungkinkan pengendaranya menikmati minuman bir sembari mengayuh pedal sepeda di sepanjang jalanan. Ya, itulah konsep utama dari alat transportasi yang terdapat di Amsterdam, Belandaini.

Kendaraan ini memang didesain khusus bagi para penikmat bir dan sekaligus menciptakan sensasi berbeda berkeliling area sekitar tanpa perlu beranjak meninggalkan minuman favoritnya.

Wujud alat transportasi ini mirip seperti gerobak es krim namun berukuran lebih besar dan lebih menyerupai bar. Dengan bentuk memanjang dikelilingi oleh kursi berbentuk sadel yang dibawahnya terdapat pedal layaknya sepeda. Beer bike dijalankan lewat kayuhan pedal dari masing-masing penumpang yang duduk layaknya di kursi bartender.

alat transportasi, 10 Alat Transportasi Unik di Berbagai Negara (1)
Foto: Photos
2 of 5

Coco Taxi

Alat transportasi ini didesain menyerupai helm raksasa dan warna kuning khas taksi beroda tiga. Digerakkan oleh seorang sopir dan dua bangku penumpang di belakang. Kendaraan ini hanya ada di Kuba.

alat transportasi, 10 Alat Transportasi Unik di Berbagai Negara (1)
Foto: pixabay
3 of 5

Tuk Tuk

Jika di Indonesia ada bajaj, di Thailand ada Tuk Tuk. Bedanya, di negara ini kendaraan tersebut masih eksis dan tak hanya digunakan oleh para wisatawan namun juga warga setempat. Bentuknya memang sedikit berbeda dengan bajaj yang pernah kita kenal. Ukurannya sedikit lebih luas tapi ciri khas dua roda di belakang dan satu di depan sangat menonjol.

Ciri khas lainnya adalah bendera kecil di bagian depan dan atap mungil yang menaungi sopir dan para penumpang. Daya tampung kendaraan ini kira-kira bisa memuat dua orang dewasa dengan kecepatan standar seperti halnya kendaraan roda tiga lainnya.

alat transportasi, 10 Alat Transportasi Unik di Berbagai Negara (1)
Foto: duhocyk
4 of 5

Jeepney

Alat transportasi yang dibuat dari kendaraan bekas memang bukan hal yang aneh. Tapi yang membedakan Jeepney adalah gagasan yang diterapkan dalam konsepnya sebagai sebuah kendaraan pariwisata unik di Filipina. Jeepney pun menjadi salah satu alat transportasi wisata yang digandrungi di negara Asia Tenggara ini.

Berasal dari bahan utama jip militer tentara Amerika Serikat sisa-sisa peninggalan dari Perang Dunia II, jeepney dimodifikasi dalam konsep yang sangat nyeni. Terlihat dari perpaduan warna dan komposisi artistik yang menyelimuti permukaan dan menyatu bersama desain eksterior dan interior kendaraan ini. Selain itu, performa kendaraan sudah disesuaikan untuk kebutuhan di jaman sekarang, khususnya sebagai alat transportasi wisatawan.

alat transportasi, 10 Alat Transportasi Unik di Berbagai Negara (1)
Foto: Audley Travel
5 of 5

Chiva Express

Kendaraan ini hanya ada di Ekuador dan sangat ikonik di ranah pariwisata negara tersebut. Dulunya, kendaraan ini masih lazim digunakan untuk operasional harian. Seiring perkembangan jaman dan teknologi transportasi, Chiva Express tetap dipertahankan hanya untuk kebutuhan pariwisata. Pergeseran dari fungsinya sebagai alat transportasi umum menjadi alat transportasi khusus wisata justru membuatnya kian terkenal di publik internasional.

Modelnya berupa bus berukuran sedang dan agak melebar. Menariknya lagi, kendaraan ini dijalankan di atas lintasan rel kereta api. Namun sekarang sebagai kendaraan wisata dapat dijalankan di jalanan biasa atau jalur-jalur akses ke spot wisata terkenal di Ekuador. []

SUMBER: GOTRAVELLY


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline