badan selalu langsing
Foto: ScienceDaily

10 Kebiasaan Sederhana Ini Ampuh Bikin Badan Selalu Langsing

Menjadi gemuk merupakan hal yang sama sekali tidak diinginkan bagi sebagian orang. Banyak cara yang dilakukan demi mempunyai tubuh langsing. Namun tak banyak yang tahu, kebiasaan kecil sehari-hari ini bisa mempunyai dampak yang besar bagi ukuran tubuh.

Berikut ini 10 kebiasaan sederhana yang ampuh membuat tubuh Anda senantiasa langsing yang dilansir dari kompas.com.

1. Minumlah air
Kapan pun Anda merasa haus, pilihlah air putih dan bukan soft drink atau jus buah. Cukup minum air akan membuat kita lebih berenergi, menyehatkan saluran cerna, dan mencegah sembelit.

2. Tidur 7 jam
Cukup tidur akan membantu meningkatkan hormon leptin yang mengatur rasa kenyang, dan menurunkan hormon ghrelin yang merangsang lapar lapar. Penelitian menunjukkan orang yang kurang tidur makan 300 kalori lebih banyak.

3. Atur kalori
Mengatur porsi kalori adalah bagian penting dalam program penurunan berat badan. Bahkan makanan sehat pun bisa membuat berat badan bertambah karena dikonsumsi berlebihan. Buat perencanaan makanan setiap hari, sebaiknya tetap makan tiga kali sehari. Kurangi porsinya, tetapi tetap mengandung zat gizi yang dibutuhkan.

4. Konsumsi susu
Jangan memusuhi susu. Penelitian membuktikan wanita yang mengonsumsi susu dan produk turunannya ternyata mampu mengusir lebih banyak lemak dari tubuhnya.

5. Sarapan
Jangan pernah melewatkan waktu sarapan dan pilih menu yang mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Kebiasaan tidak sarapan akan membuat metabolisme tubuh jadi lambat. Akibatnya, kalori yang dibakar lebih sedikit. Efek lainnya kita akan makan lebih banyak dan cenderung memilih junk food saat makan siang.

6. Bersahabat dengan sayur
Sayuran memiliki kandungan kalori lebih rendah dan tinggi serat, sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama.

7. Aktif bergerak
Buat komitmen untuk selalu aktif bergerak setiap hari. Anda bisa merencanakan latihan kardio dan beban dalam 5 hari, dan diselingi dengan latihan yang bersifat fleksibilitas seperti yoga atau jalan kaki.

8. Camilan protein dan serat
Tubuh membutuhkan camilan di sela waktu makan. Pilih camilan yang tinggi protein dan serat agar kita cukup makan dalam porsi kecil tetapi kenyang.

9. Batasi gula
Membatasi asupan gula adalah cara efektif untuk mengurangi kelebihan kalori. Secara bertahap, kurangi gula mulai dari minuman.

10. Berdamai dengan diri sendiri
Pada banyak kasus, kita terdorong untuk banyak makan atau ketagihan makan karena emosi. Akar masalahnya adalah stres atau masalah yang dibiarkan tidak diselesaikan. Coba evaluasi kondisi psikologi dan temukan masalahnya. Berbicara dengan sahabat atau melakukan meditasi cukup efektif untuk menghilangkan rasa kecemasan dan tidak bahagia. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *