Unik, Informatif , Inspiratif

10 Perbuatan yang Sangat Dibenci Allah SWT

0

Manusia akan diberikan ganjaran atas apa yang dilakukannya saat berada di dunia. Jika perbuatannya baik dan sesuai syariat Allah, maka ganjarannya pun berupa pahala yang besar. Namun sebaliknya, jika yang dilakukannya adalah perbuatan buruk atau dibenci oleh Allah SWT, maka siksa lah yang akan dia dapat.

Dalam Al-Quran surat Al Isra ayat 22–38 telah dijelaskan beberapa perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Untuk menambah ilmu dan keimanan kita, berikut penjelasan 10 perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT.

  1. Larangan mempersekutukan Allah (syirik)

Salah satu larangan ini tertuang dalam (QS al-Isra: 22), “janganlah kamu adakan tuhan yang lain di samping Allah, agar kamu tidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah).”

Selain dosa besar, mempersekutukan Allah juga termasuk ke dalam perbuatan yang paling Allah benci. Mempersekutukan atau syirik itu berarti telah keluar dari Islam. Hendaknya kita langsung bertaubat ketika sadar perbuatan kita menyimpang dari ajaran Islam.

  1. Larangan berani sama kedua orang tua

Allah SWT berfirman: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS al-Isra: 23-24).

  1. Perintah Penunaian hak terhadap orang miskin

Ketika dalam keadaan berlebih, seharusnya kita bisa lebih memperhatikan orang di sekitar yang masih kekurangan. Karena di sebagian harta kita juga terdapat harta dari saudara kita yang kurang mampu.

Allah SWT berfirman: “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.” (QS al-Isra: 26).

  1. Perintah jangan terlalu kikir

Sifat kikir menjadi salah satu yang dibenci Allah SWT. Allah SWT dalam firman-Nya:

“Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal.” (QS al-Isra: 29).

  1. Larangan membunuh anak karena takut kemiskinan

Setiap manusia yang lahir ke dunia sudah dijamin rezekinya oleh Allah SWT. Tidak akan dicabut nyawa seseorang jika jatah rezekinya belum habis. Jadi tidak usah merasa takut miskin ketik punya anak, karena banyak anak banyak rezeki.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.” (QS al-Isra: 31).

  1. Larangan berzina

Sesungguhnya, zina merupakan perbuatan yang kezi dan Allah SWT sangat membencinya.

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS al-Isra: 32).

  1. Larangan membunuh sesama

“Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan.” (QS al-Isra: 33).

  1. Larangan memakan harta anak yatim

“Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji. Sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.” (QS al-Isra: 34).

  1. Larangan taqlid buta (mengikuti syariat tanpa dasar naqli yang jelas)

Taqlid buta adalah mengikuti tanpa dasar yang jelas suatu pemahaman. Ikutilah yang di ajarkan oleh Rasullah dalam Al Quran dan sunahnya jika kita ingin selamat dunia dan akhirat.

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS al-Isra: 36).

  1. Larangan sombong

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS al-Isra: 37).

Di ayat 38, Allah menegaskan bahwa perbuatan-perbuatan itu sangat dibenci-Nya, “Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu.” (QS al-Isra: 38). []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline