Bom Panci

11 Nama Bom Ini Unik, tapi Mengerikan Jika Sudah Meledak

INSPIRADATA. Beberapa hari lalu kembali terjadi serangan terorisme di Indonesia, tepatnya di Terminal Kampung Melayu, Jakarta. Serangan tersebut menewaskan tiga orang anggotan Polri dan melukai sepuluh warga sipil. Kejadian ini membuat masyarakat geram dan mengutuk aksi serangan bom tersebut.

Dengan adanya kejadian tersebut, Jokowi pun membawa isu terorisme ketika berpidato di hadapan negara-negara yang tergabung dalam Forum KTT Arab Islam Amerika di Arab Saudi beberapa hari lalu.

Polisi mengungkapkan bom yang dipakai di Kampung Melayu adalah jenis bom panci. Bom ini memakai media panci sebagai tempat menyimpan rangkaian bom di dalamnya, sehingga memiliki daya ledak yang tinggi setelah dirakit sedemikian rupa. Teror bom panci ini sudah beberapa kali terjadi di Indonesia, bahkan di Amerika Serikat pun pernah terjadi.

Selama ini ada beberapa jenis bom beserta namanya yang terdengar unik atau lucu tapi memiliki daya ledak tinggi dan mematikan bagi lingkungan di sekitarnya. Berikut ulasannya seperti disitat dari Brilio, Jumat (2/6/2017).

1. Bom panci

Foto: kriminalitas.com

Sesuai namanya, bom ini memanfaatkan panci presto sebagai wadah bom. Di dalam panci tersebut diletakkan bahan peledak, partikel perusak seperti paku, gotri, kaca dan lainnya. Detonator yang biasanya berupa ponsel maupun jam digital diletakkan di gagang panci.

Rangkaian bom ini cukup sederhana, tapi daya ledaknya cukup besar sehingga daya rusak dari partikel yang ditempatkan di dalam panci juga massif. Bom jenis ini yang meledak di Kampung Melayu dan di marathon Boston AS.

2. Bom rice cooker

Foto: istimewa

Polisi berhasil membongkar bom jenis ini di Bekasi sebelum para teroris meledakkannya. Bom ini rencananya digunakan untuk aksi penyerangan di Istana Negara.

3. Bom pipa/paralon

Foto: istimewa

Serangan teroris menggunakan bom pipa atau bom paralon pernah terjadi di Poso, akhir Maret 2017. Untungnya ledakan yang terjadi di tugu bundaran jalan tersebut tidak memakan korban jiwa.

4. Bom buku

Foto: istimewa

Teror bom buku sempat membuat heboh publik pada 2011 silam. Cara kerja teror ini adalah dengan menempatkan rangkaian bom di dalam buku tebal yang dilubangi di bagian tengahnya. Kemudian buku tersebut dikirimkan ke alamat sasaran. Kala itu, paket bom buku meledak di Utan Kayu, Jakarta.

5. Bom botol

Foto: istimewa

Ini adalah bom yang daya rusaknya mengandalkan kobaran api yang ditimbulkan dari ledakannya. Lebih populer dengan sebutan bom molotov, bom ini sangat mudah dibuat karena tidak membutuhkan bahan-bahan kimia yang biasa dipakai membuat bom. Cukup dengan botol diisi bahan bakar dan diberi sumbu untuk menyalakan api sebelum kemudian dilemparkan ke sasaran.

6. Bom sepatu

Foto: jejamo.com

Kasus bom sepatu terbongkar saat seorang teroris mencoba melakukan aksinya saat di pesawat penerbangan ke AS. Sejak kejadian itu, otoritas keamanan AS kerap mengingatkan akan ancaman teror bom menggunakan sepatu.

7. Bom sepeda

Foto: istimewa

Serangan teroris menggunakan sepeda terjadi pada akhir September 2010 di Jalan Raya Kalimalang Jakarta. Sang teroris membawa bom dalam tas sembari menuntun sepeda, sebelum bom itu diledakkan.

8. Bom paku

Foto: aljazeera

Dunia heboh ketika serangan bom meledak di konser musik Ariana Grande di Manchester, Inggris. Aparat keamanan setempat menduga kuat serangan ini berupa bom paku. Teror bom paku juga pernah terjadi di stasiun bawah tanah Rusia. Di Indonesia teror bom paku pernah terjadi di Bantul dan melukai kerbau.

9. Bom ponsel

Foto: keywordsuggest.org

Kelompok teroris ISIS kerap memakai ponsel sebagai bagian untuk pembuatan bom. Ponsel model lama digunakan dalam rangkaian bom dan berfungsi sebagai pengendalian ledakan dari jarak jauh.

10. Bom pasta gigi

Foto: lasdipo.co

Ancaman teror bom diembuskan oleh otoritas keamanan AS yang memperingatkan agar maskapai penerbangan tujuan Rusia lebih hati-hati terhadap kemungkinan teror bom memakai pasta gigi. Pihak keamanan khawatir akan adanya aksi teror untuk menggagalkan Olimpiade Musim Dingin di Sochi, menyusul adanya dua serangan bunuh diri di Volgograd.

11. Bom anjing

Foto: dailystar.co.uk

Kelompok teroris ISIS memanfaatkan anjing sebagai pembawa bom bunuh diri. Ratusan anjing yang malang itu di tubuhnya diikatkan rangkaian bom yang siap meledak. Anjing kemudian dikirimkan ke sasaran dan bom diledakkan menggunakan remote control. Strategi ini digunakan ISIS saat menyerang pasukan Irak. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *